ONGKY, SEPTIAN DWI SAPUTRA (2017) UPAYA MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN KERJA DI MT. SUCCESS ENERGY XXXII PADA SAAT MEMASUKI KOMPARTEMEN TERTUTUP. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Text (BAB IV)
FIX BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (Cover)
FIX COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
FIX DAFTAR ISI.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
FIX DAPUS.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
FIX BAB V.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text (Motto)
FIX PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN, MOTTO, PERSEMBAHAN DAN KATA PENGANTAR.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
FIX BAB I.pdf Download (679kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
FIX BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB II)
FIX BAB II.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
FIX ABSTRAKSI.pdf Download (666kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Ongky Septian Dwi Saputra, 2017, NIT : 49124394 N, “Upaya Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja Di MT. Success Energy XXXII Pada Saat Memasuki Kompartemen Tertutup”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar, Pembimbing II: H. Suharso, S.H., S.Pd., S.E., M.M Kompartemen tertutup adalah ruang yang memiliki keterbatasan untuk masuk dan keluar serta tidak dirancang untuk tempat kerja yang terus menerus seperti tangki muatan, tangki ballast, pump room dan ruangan lainnya. Banyak kecelakaan fatal (mengakibatkan meninggal dunia) terjadi terhadap pekerja yang bekerja karena tidak memahami dan mengindahkan praktek dan prosedur kerja yang benar. Penelitian ini bertujuan mencari cara teraman untuk memasuki kompartemen tertutup dan mencari cara untuk mengantisipasi sebelum keclakan fatal terjadi. Metode penelitian dengan pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penyusunan skripsi ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan dan penarikan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini telah menemukan cara yang paling aman dalam memasuki kompartemen tertutup seperti harus diadakan safety meeting, pengecekan , penerapan manajemen dalam penanganan kompartemen tertutup di atas MT. Success Energy XXXII dan adanya tindakan antisipasi kecelakaan kerja sebelum dilakukan pekerjaan di dalam kompartemen berlangsung adalah rangkaian temuan penelitian di lapangan. Analisis hasil penelitian diantaranya tahap perencanaan dan pembentukan organisasi kerja, peran serta perwira dalam organisasi kerja dan pengetahuan personil terhadap penanganan kompartemen tertutup serta penggunaan peralatan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan manajemen dalam menangani pekerjaan-pekerjaan di dalam kompartemen tertutup di MT. Success Energy XXXII dapat berjalan dengan baik. Perencanaan dan pembentukan organisasi kerja yang dilakukan saat safety meeting sebelum dilakukan pekerjaan, peran serta perwira dalam organisasi kerja dan pengetahuan personil terhadap penanganan kompartemen tertutup serta penggunaan peralatan sangat menunjang kelancaran seluruh rangkaian kegiatan kerja. Selain itu peremajaan APD sangat penting dilakukan untuk mengurangi dan mengantisipasi terjadinya suatu kecelakaan kerja. Kata kunci: Kompartemen tertutup, kecelakaan kerja, antisipasi kecelakaan kerja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompartemen tertutup, kecelakaan kerja, antisipasi kecelakaan kerja |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 02:23 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 02:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/946 |
Actions (login required)
View Item |