DONY, ARIF PRATAMA (2024) ANALISIS TERJADINYA TRIP PADA PENGOPERASIAN MAIN BOILER DI KAPAL SS. TANGGUH BATUR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011227651T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011227651T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011227651T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011227651T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (572011227651T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011227651T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (392kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pratama, Dony Arif. 2024. “Analisis Terjadinya Trip pada Pengoperasian Main Boiler di Kapal SS. Tangguh”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Dwi Prasetyo., M. M., M.Mar.E, Pembimbing II: Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T.,M.Si. Ketel uap utama atau main boiler adalah permesinan di atas kapal yang berfungsi untuk menghasilkan uap bertekanan yang digunakan untuk menggerakkan mesin induk. Pengoperasian ketel uap utama dapat menggunakan bahan bakar gas dan/atau bahan bakar cair. Pada tanggal 17 November 2023 di kapal SS. Tangguh Batur saat melakukan perjalanan menuju ke pelabuhan Korea, ketel uap utama mengalami kegagalan proses pembakaran sehingga menyebabkan salah satu ketel uap utama trip. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab dan dampak dari kegagalan pembakaran pada ketel uap utama serta upaya penanggulangan dan pencegahan terjadinya trip pada pengoperasian main boiler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada dalam penelitian ini adalah RCA (Root Cause Analysis) 5 why’s guna memperoleh hasil akar penyebab dari penelitian yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa trip pada pengoperasian main boiler disebabkan oleh L/D kompresor No. 1 yang berhenti beroperasi, tertutupnya main gas valve pada main boiler, dan FO piston valve pada burner No. 1 main boiler yang tidak terbuka. Terjadinya trip pada pengoperasian main boiler menyebabkan gangguan operasional kapal, main boiler No. 2 menjadi terbebani dan peningkatan emisi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mrngatasi dan mencegah terjadinya kembali trip pada main boiler adalah melakukan kalibrasi pada L/D kompresor No.1, melakukan perawatan pada main gas valve dan FO piston valve.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Main boiler, Pembakaran, Trip, RCA, SS. Tangguh Batur |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:25 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:25 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6304 |
Actions (login required)
View Item |