NOCKI, MUHAMMAD N (2024) PENANGANAN KETERLAMBATAN PROSES BONGKAR BATU BARA PADA KAPAL CURAH YANG DIAGENI OLEH PT. ANDHIKA LINES CABANG CILEGON BANTEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337558K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337558K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011337558K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337558K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (872kB) |
|
Pdf (572011337558K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337558K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAKSI Naufal, Nocki Muhammad. 2024. “ Penanganan Keterlambatan Proses Bongkar Batu Bara Pada Kapal Curah Yang Diageni Oleh PT Andhika Lines Cabang Cilegon Banten”. Skripsi. Program Diploma IV , Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I Okvita Wahyuni, S.ST., M.M. Pembimbing II : Dr. Capt. Samsul Huda., M.M. M.Mar. Ketersediaan fasilitas dermaga sangat penting untuk kelancaran bongkar muat batu bara. Dermaga PLTU Indonesia Power Suralaya memiliki crane yang berfungsi memindahkan batu bara dari kapal ke darat. Crane memerlukan maintenance rutin agar beroperasi lancar. Namun, sering terjadi kendala, seperti kerusakan crane dan faktor alam, yang menghambat proses bongkar muat. PT Andhika Lines Cilegon Banten berupaya mencari solusi agar kegiatan bongkar muat batu bara berjalan lancar sesuai target tanpa hambatan. Peneliti menggunakan metodologi sistematis untuk penelitian kualitatif, meneliti makna yang mempengaruhi perilaku. Studi dilakukan di latar alamiah, bukan hasil perlakuan. Di dermaga PLTU Indonesia Power Suralaya, peneliti menggunakan snowball sampling untuk pengambilan data. Wawancara langsung dengan asisten jetty master digunakan sebagai data primer, sedangkan jurnal, buku, dan artikel sebagai data sekunder. Triangulasi metode digunakan untuk membandingkan informasi yang diperoleh.Faktor keterlambatan bongkar batu bara oleh PT Andhika Lines meliputi kerusakan crane di dermaga dan keterbatasan kapal pandu. Kerusakan crane di jetty PLTU Indonesia Power Suralaya memperpanjang waktu bongkar dari 4 hari menjadi 7 hari. Keterbatasan kapal pandu Pelindo menyebabkan kapal sering menunggu lama untuk sandar. Dampaknya, antrian kapal meningkat dan trip kapal tidak sesuai target, merugikan perusahaan. Penelitian di PT Andhika Lines Cilegon menyimpulkan bahwa keterlambatan bongkar batu bara disebabkan oleh rusaknya crane di dermaga dan keterbatasan kapal pandu. Dampaknya adalah antrian kapal dan trip kapal tidak sesuai target. Upaya mengatasinya meliputi koordinasi shifting kapal dan koordinasi awal dengan pihak pandu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :. Keterlambatan, Crane rusak, Kapal pandu, Shifting |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 15:59 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 15:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6114 |
Actions (login required)
View Item |