RIFA’I, RIFA’I (2024) PERAN AGEN DALAM MENGATASI KETERLAMBATAN MUAT BATU BARA DI MV. STH LONDON DI BUNATI ANCHORAGE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327535K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327535K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327535K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327535K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (572011327535K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327535K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (330kB) |
Abstract
ABSTRAK Rifa’i 2024. ‘’ Peran Agen Dalam Mengatasi Keterlambatan Muat Batu Bara Di MV. Sth London Di Bunati Anchorage”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. LATIFA IKA SARI, S.Psi, M.Pd. Pembimbing II: H. MUSTHOLIQ, MM, Mar.E. Keagenan kapal merupakan suatu bentuk pelayanan jasa yang memiliki fungsi dan misinya untuk mewakili sebuah perusahaan pelayaran asing maupun kapal perusahaan angkutan laut nasional selama berada di wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan proses muat batu bara di MV. Sth London di Bunati Anchorage, mengetahui apa saja dampak keterlambatan proses muat batu bara di MV. Sth London di Bunati Anchorage, dan mengetahui peran agen dalam mengatasi keterlambatan muat batu bara di MV. Sth London di Bunati Anchorage. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitian adalah MV. Sth London. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi yang terarah kepada seluruh informan yang terlibat langsung ialah Chief Officer MV. Sth London, Shipper dan Foreman. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa faktor keterlambatan pemuatan disebabkan oleh kerusakan pada wire, kondisi cuaca yang tidak stabil dan batu bara pada tongkang yang tergenang air. Dampak yang di akibatkan oleh proses keterlambatan pemuatan adalah merusak reputasi shipper dan penambahan biaya. Dampak pihak forman yakni kerugian penghasilan dan waktu. Dampak bagi crew kapal yakni menyebabkan biaya tambahan, seperti biaya berlabuh yang lebih lama. Peranan agen dalam penelitian ini adalah dapat mengkoordinasikan antara pihak shipper dan kru kapal jika terjadi konflik atau kendala di atas kapal. Agen juga mengurus semua dokumen dalam proses pemuatan batu bara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Agen, Keterlambatan, Pemuatan, Batu Bara. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 13:08 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 13:08 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6093 |
Actions (login required)
View Item |