MARCELINO, ROHY (2024) ANALISIS TERJADINYA KEGAGALAN START PADA MESIN DIESEL GENERATOR NO. 2 DI KAPAL MT. FALCON 19. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217611T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217611T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011217611T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217611T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (572011217611T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217611T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rohy, Marcelino. NIT. 572011217611 T, 2024, “Analisis Terjadinya Kegaglan Start Pada Mesin Diesel Generator No. 2 Di Kapal MT. Falcon 19”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Ali Muktar Sitompul, M.T., M.Mar.E., Pembimbing II: Mohammad Sapta H, S.Kom., M.Si. Motor diesel adalah mesin pembakaran dalam yang merubah energi panas menjadi energi mekanik, dimana energi panas diperoleh dari proses pembakaran dalam ruang bakar motor diesel melalui proses kompresi udara dan pengabutan bahan bakar diesel yang menggerakan torak selanjutnya memutar poros engkol. Di kapal MT. Falcon 19 terdapat 2 mesin diesel generator yang digunakan secara bergantian selama 2 hari sekali. Pada tanggal 6 April 2023 pukul 13.00 kapal sedang berlabuh di anchorage area pelabuhan Wayame Ambon saat akan dilakukan proses change over generator nomor 1 ke generator nomor 2 ternyata mesin diesel generator nomor 2 mengalami gagal start saat sudah dicoba berulang kali. Hal ini membuat udara di dalam tabung angin menjadi habis sehingga proses start mesin diesel generator dinyatakan gagal atau bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab, dampak dari kegagalan start mesin diesel generator, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data RCA (Root Cause Analysis) 5 why guna memperoleh hasil akar penyebab dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegagalan start mesin diesel generator disebabkan oleh keretakan pada exhaust manifold dan keretakan pada cylinder head mesin. Kegagalan start dapat berdampak pada kebocoran air pendingin pada exhaust manifold adalah menyebabkan terdapatnya air pada ruang bakar mesin. Sehingga tekanan kompresi menjadi rendah yang juga dapat menyebabkan rendahnya temperatur di dalam ruang bakar mesin. Dampak keretakkan pada cylinder head mesin menyebabkan terjadinya kebocoran pada jacket cooling cylinder head yang masuk dan memenuhi ruang bakar mesin, sehingga tekanan kompresi menjadi rendah dan menyebabkan temperatur pada ruang bakar mesin menjadi terlalu rendah. Upaya yang dapat dilakukan adalah penggantian exhaust manifold mesin dengan yang baru dan penggantian cylinder head mesin dengan hasil rekondisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Diesel generator, exhaust manifold, cylinder head, RCA. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:15 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:15 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5945 |
Actions (login required)
View Item |