AAN, RAHMAT RIFKIAN (2024) ANALISIS PERUBAHAN SUHU UDARA MASUK TERHADAP MENURUNNYA PERFORMA DIESEL GENERATOR DI MV. MANALAGI PRITA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217595T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217595T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011217595T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217595T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (572011217595T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217595T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (535kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rifkian, Aan Rahmat. NIT. 572011217595 T, 2024, “Analisis Perubahan Suhu Udara Masuk Terhadap Menurunya Performa Diesel Generator di MV. Manalagi Prita”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Didik Dwi Suharso, S.Si.T., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar. Diesel generator merupakan pesawat bantu di atas kapal guna memproduksi listrik untuk kebutuhan operasional kapal. Pesawat bantu ini merupakan mesin pembakaran dalam dengan prinsip kerja 4 tak, yang berarti melewati siklus langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang untuk terjadi pembakaran. Proses pembakaran bergantung pada unsur udara (oksigen), panas dan bahan bakar. Jika salah satu unsur tidak ada maka pembakaran menjadi tidak optimal sehingga performa mesin menurun, pada penelitian ini berfokus pada perubahan suhu udara masuk yang dihisap ke dalam ruang bakar saat langkah hisap. Tujuan penelitian untuk menjaga perubahan suhu udara masuk tetap dalam keadaan normal sehingga perfoma mesin diesel generator di MV. Manalagi Prita terjaga. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang di gunakan adalah metode SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats), untuk lebih menguatkan data peneliti membagikan kusioner untuk kru mesin di MV. Manalagi Prita. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor penyebab perubahan suhu udara masuk adalah terhambatnya sirkulasi air pendingin pada pipa bypass valve, kotornya tube sea water side, rusaknya kisi-kisi air cooler dan kebocoran pada katup hisap. Dampak yang ditimbulkan banyaknya kerak dari sisa bahan bakar yang tidak terbakar dan tingginya suhu gas buang tiap tiap cylinder. Upaya yang dilakukan dengan membersihkan kerak pada bypass valve secara rutin, pembersihan tube pada air cooler, pengetesan kebocoran pada air cooler dan penggantian katup hisap dengan spare part original. Dengan hasil penyajian data yang diperoleh pada kuadran tiga dengan menggunakan strategi turn around yang berarti terdapat kelemahan tetapi dapat ditanggulangi dengan peluang yang dimiliki sehingga perubahan suhu udara masuk tetap dalam toleransi normal pada buku panduan mesin (40ºC-60ºC).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Diesel Generator, Udara Masuk, Air Cooler, SWOT |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 03:31 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5825 |
Actions (login required)
View Item |