SISTEM OPERASIONAL PEMUATAN LOG DI KAPAL MV.PAN OPTIMUM DI PELABUHAN TAURANGA NEW ZEALAND

RIO, BAHARI PRATAMA PUTRA (2023) SISTEM OPERASIONAL PEMUATAN LOG DI KAPAL MV.PAN OPTIMUM DI PELABUHAN TAURANGA NEW ZEALAND. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136844N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136844N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136844N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136844N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811136844N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136844N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Bahari, Rio 2023, “SISTEM OPERASIONAL PEMUATAN LOG DI KAPAL MV.PAN OPTIMUM DI PELABUHAN TAURANGA NEW ZEALAND”, Progam Diploma IV, Progam Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., M.Mar. Pembimbing II: Bapak Arya Widiatmaja, S.ST.,M.Si. MV. PAN OPTIMUM merupakan kapal dengan jenis bulk semi log carrier milik perusahaan Pos Sm. Kayu (log) dapat dimuat di dalam palka (in hold) dan di atas geladak (on deck). Pada pemuatan kayu (log) secara on deck dibutuhkan dua jenis pengikatan (lashing) yaitu center lashing dan over lashing. Saat proses loading kayu (log) di atas geladak (on deck), peneliti menemukan terjadinya keterhambatan di Pelabuhan Tauranga. Oleh karenanya peneliti tertarik mengulas mengenai kendala yang menyebabkan proses loading terhambat dan tidak maksimal. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui kendala yang menyebabkan proses loading menjadi tidak maksimal, dan 2) Bagaimana upaya untuk meningkatkan kinerja awak kapal pada pemuatan kayu(log),3)Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada saat persiapan maupun pelaksanaan pemuatan log di atas geladak (on deck) pada kapal MV. PAN OPTIMUM di pelabuhan Tauranga New Zealand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan anlisis fishbone untuk mengetahui gambaran faktor penyebab keterlambatan pemuatan kayu (log) secara on deck. Peneliti menemukan bahwa faktor yang menyebabkan terhambatnya proses loading kayu (log) secara on deck di Pelabuhan Tauranga adalah faktor sumber daya manusia (man) dimana banyak awak kapal yang belum memiliki pegalaman dalam memuat kayu (log) sebelumnya, faktor alat angkut (machine) adanya korsleting pada sensor safety limit crane kapal nomor 3, dan faktor teknik memuat (method) dimana awak kapal belum paham dalam cara pengikatan (lashing) terutama pada over lashing wire cargo

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Log, center lashing, over lashing, loading
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:37
Last Modified: 26 Oct 2023 08:37
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item