ANDALA, BAGUS SURYA (2023) IDENTIFIKASI TERJADINYA SLOWDOWN PADA MAIN ENGINE ANQING DAIHATSU DI KAPAL MV.MERATUS KAMPAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911217215T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217215T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911217215T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217215T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (962kB) |
|
Pdf (561911217215T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217215T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (382kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Surya, Andala Bagus, NIT. 561911217215. T, 2023 “Identifikasi Terjadinya Slowdown Pada Main Engine di MV. Meratus Kampar”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr.Andy Wahyu Hermanto Pembimbing II: Tri Cahyadi, M.T.,M.Mar.E Turbocharger adalah suatu perangkat yang menggunakan energi gas buang yang keluar dari mesin untuk menggerakkan turbin yang terhubung dengan kompresor. Intercooler adalah salah satu bagian dalam persemesinan yang berfungsi guna mennurunkan suhu udara bilas yang dihasilkan oleh Turbocharger sebelum udara masuk ke ruang bakar. Ketika udara masuk ke mesin dengan suhu yang terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan penurunan efisiensi pembakaran, meningkatkan risiko detonasi atau knocking, serta mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Untuk mencapai pembakaran yang sempurna, diperlukan pasokan udara yang memadai dan suhu udara bilas yang optimal. Intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara yang dikompresi sebelum masuk ke dalam mesin, sehingga meningkatkan efisiensi dan kinerja mesin. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya slowdown pada main engine di MV.Meratus Kampar dan untuk mengetahui dampak terjadinya slowdown pada main engine di MV.Meratus Kampar. Metode yang digunakan oleh Penulis adalah metode SHEL & FISHBONE, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terjadinya slowdown pada main engine di MV.Meratus Kampar menggunakan metode SHEL & FISHBONE untuk menemukan faktor penyebab dan dampak dari slowdown pada main engine di MV.Meratus Kampar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi Dengan menggunakan metode triangulasi sebagai pengujian keabsahan data agar data yang didapatkan bisa semakin valid. Hasil penelitian, menunjukkan penyebab terjadinya slowdown pada main engine disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, kurangnya kesadaran dalam melaksanakan perawatan turbocharger, Kurangnya skill dan pengetahuan, intercooler buntu, terdapat endapan pada nozzle ring, dan waktu singgah kapal yang terlalu cepat. Sedangkan dampak yang ditimbulkan adalah fluktuasi tekanan dan aliran udara yang tidak teratur, penggunaan bahan bakar yang tidak efisien, Tidak maksimalnya udara yang masuk ke proses pembakaran, Tidak tercapainya putaran rotorshaft sehingga menyebabkan penurunan kinerja mesin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Slowdown , Intercooler, Main Engine, Nozzle Ring, Shell, Fishbone,Knocking |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:26 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:26 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5295 |
Actions (login required)
View Item |