NARENDRA, TRICAHYA PRATAMA (2022) OPTIMALISASI KERJA CARGO OIL PUMP TURBINE DI MT. NUSA MERDEKA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811216653T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216653T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811216653T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216653T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (7MB) |
|
Pdf (551811216653T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216653T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pratama, Narendra Tricahya. 2022 “Optimalisasi Kerja Cargo Oil Pump Turbine di MT. Nusa Merdeka”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Imu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M.T. dan Pembimbing II: Capt. Dian Wahdiana, M.M. Kapal tanker adalah transportasi laut sebagai pengangkutan kargo cair yang mudah terbakar dan berperan dalam jasa angkut pengiriman barang menggunakan permesinan bantu untuk bongkar muatan kapal yaitu cargo oil pump turbine. Kurang optimalnya kerja pompa kargo yang akan mengganggu kerja bongkar muat dikarenakan pengoperasian pompa yang kurang optimal dan efisiensi dalam bongkar muat barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor, dampak dan upaya apa saja yang akan menyebabkan kerja COPT yang kurang optimal di kapal MT. Nusa Merdeka. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu dengan metode SHEL yang dalam memperoleh data yang akan digunakan dalam mencari sumber permasalahan untuk mencapai kebenaran dalam observasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah pengujian keabsahan data triangulasi. Penyebab kerja COPT yang kurang optimal dapat terjadi dari mechanical seal rusak, ball bearing aus, endapan karat filter suction cargo condenser, sudu jalan bocor, labyrinth seal rusak dan menurunnya tekanan steam karena kerusakan labyrinth seal. Optimalisasi yang dilakukan pada COPT sangat diperlukan dalam menunjang proses pengoperasian yaitu bongkar muatan kapal. Permasalahan dan kerusakan yang terjadi akan berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya proses bongkar muat sehingga ketepatan waktu kapal dalam mencapai titik optimal yakni berarti bekerja secara maksimal dan mengefektifkan waktu secara minimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Cargo Oil Pump Turbine, mechanical seal, labyrinth seal, sudu jalan, Optimalisasi. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 02:52 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 02:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4363 |
Actions (login required)
View Item |