DHIAULHAQ, LUTHFI (2022) ANALISIS PENYEBAB TIDAK MAKSIMALNYAPENGISIAN DAN PEMBUANGAN AIR BALLASTDI BALLASTTANK ( STUDI KASUS KAPAL MV DK 02 ). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136793N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136793N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136793N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136793N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811136793N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136793N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Dhiaulhaq, Luthfi 2022. “Analisis Penyebab Tidak Maksimalnya Pengisian dan Pembuangan Air Ballast Di Ballast Tank (Studi Kasus Kapal MV DK 02)”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.si., M.Mar., Pembimbing II: H.Mustholiq, M.M, M.Mar.E. Pengisian dan pembuangan air ballast suatu proses pengambilan dan pengeluaran air laut dari kapal pada saat kapal berada di pelabuhan atau di laut. Air ballast adalah air laut yang dibawa oleh kapal dalam tangki ballast untuk menjamin keseimbangan, stabilitas dan integritas. Tangki ballast dibangun di kapal dengan sistem perpipaan dan pompa ballast berkapasitas tinggi untuk menjalankan operasinya. Pada pelaksanaan penelitian, penulis menyoroti kegiatan pada proses pengisian dan pembuangan air ballast yang akan diangkat sebagai objek penelitian, di karenakan terdapat sebuah temuan bahwa dalam rangkaian pelaksanaan pengisian dan pembuangan air ballast tersebut ditemukan beberapa permasalahan pada instalasi ballast yang menjadi sumber permasalahan dalam kaitannya dengan tidak maksimalnya pengisian dan pembuangan air ballast. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian melalui pendekatan kualitatif karena data yang akan disajikan adalah data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi (triangulasi) secara langsung terhadap objek penelitian. Penyajian data dituangkan secara deskriptif terhadap data yang dimiliki dan didukung oleh data gambaran mengenai situasi atau kejadian dari peristiwa yang dialami. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab tidak maksimalnya pengisian dan pembuangan air ballast di ballast tank adalah terdapat kerusakan pada pipa ballast, valve ballast dan pompa ballast. Hal ini dikarenakan kurangnya perhatian perawatan dan pengecekan pada instalasi tersebut. Hal ini berdampak pada proses bongkar muat dan stabilitas kapal, dimana proses bongkar muat akan terhambat dan terganggunya stabilitas kapal. Dengan dilakukan pengecekan pipa, valve dan pompa ballast secara rutin dapat meminimalisasi kerusakan pada instalasi tersebut sehingga proses pengisian dan pembuangan air ballast berjalan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ballast, pengisian dan pembuangan. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 08:00 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 08:00 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4069 |
Actions (login required)
View Item |