OPTIMALISASI SLOSHING SYSTEM MUATAN LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) MENGGUNAKAN CARGO COMPRESSOR DI KAPAL LPG/C GAS ATTAKA

VEBJOLA, TRIA WARDANI (2021) OPTIMALISASI SLOSHING SYSTEM MUATAN LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) MENGGUNAKAN CARGO COMPRESSOR DI KAPAL LPG/C GAS ATTAKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106362N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106362N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106362N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106362N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Vebiola Tria Wardani, 2021. NIT: 541711106362 N, “Optimalisasi Sloshing System Muatan LPG (Liquified Petroleum Gas) Menggunakan Cargo Compressor di Kapal LPG/C Gas Attaka”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Akhmad Ndori, S. ST., M.M., Pembimbing II : Kresno Yuntoro, S. ST, M.M. LPG (Liquified Petroleum Gas) adalah salah satu jenis muatan gas yang terdiri dari propana dan butana. Proses loading kapal LPG/C Gas Attaka sering mengalami back pressure dan perlu dilakukan sloshing system menggunakan cargo compressor. Berdasarkan hasil penelitian, sloshing system di kapal LPG/C Gas Attaka ternyata harus menggunakan cargo compressor dan selain itu, sloshing system terkadang tidak bekerja secara optimal dikarenakan beberapa masalah yang muncul, baik dari faktor manusia maupun faktor peralatannya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui mengapa sloshing system di kapal LPG/C Gas Attaka harus menggunakan cargo compressor dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan agar sloshing system dapat bekerja secara optimal. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara rinci mengenai sloshing system menggunakan cargo compressor dan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan sloshing system. Salah satu alasan sloshing system harus menggunakan cargo compressor adalah karena reliquefaction plants system pada kapal fully pressurized dan cargo compressor pada kapal LPG/C Gas Attaka yang tidak memiliki sistem kondensat. Upaya untuk mengoptimalkan sloshing system dengan cargo compressor adalah melakukan maintenance terhadap cargo compressor, melakukan familiarisasi kepada kru kapal, pengawasan dari mualim jaga ketika cargo operation, serta melakukan safety meeting. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diambil secara langsung berupa checklist, foto yang berhubungan dengan sloshing system di kapal LPG/C Gas Attaka. Kesimpulan proses sloshing system menggunakan cargo compressor di kapal LPG/C Gas Attaka dapat optimal apabila kru kapal saling peduli terhadap pelaksanaan sloshing system dan perawatan terhadap cargo compressor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sloshing system, cargo compressor, vapour, liquid
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 25 Mar 2022 08:17
Last Modified: 25 Mar 2022 08:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item