WARDONO, WARDONO (2018) PENGAWASAN KEADAAN DARURAT PADA SAAT OLAH GERAK MEMASUKI ALUR PELAYARAN SEMPIT SUNGAI KAPUASDI MT. ANGGRAINI EXCELLENT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
|
Text
21 LEMBAR WAWANCARA.PDF Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
18 BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
||
|
Text (Daftar Riwayat Hidup)
23. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.PDF Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
20 DAFTAR PUSTAKA.PDF Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (Gambar)
22 LEMBAR GAMBAR.PDF Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
19 BAB V .PDF Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (Persetujuan)
3 HALAMAN PERSETUJUAN.PDF Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (Cover)
2 HALAMAN JUDUL.PDF Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (Pernyataan)
5 HALAMAN PERNYATAAN.PDF Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
8 KATA PENGANTAR.PDF Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
10 DAFTAR TABEL.PDF Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
9 DAFTAR ISI.PDF Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (Lampiran)
12 DAFTAR LAMPIRAN.PDF Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
17 BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
||
|
Text (Abstrak)
14 ABSTRACTION.PDF Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (Cover)
1 HALAMAN JUDUL - COVER.PDF Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (Pengesahan)
4 HALAMAN PENGESAHAN.PDF Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
16 BAB II.PDF Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (Motto)
6 MOTTO.PDF Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (Persembahan)
7 HALAMAN PERSEMBAHAN.PDF Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
13-ABSTRAKSI.PDF Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
11 DAFTAR GAMBAR.PDF Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
15 BAB I.PDF Download (421kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Wardono, 51145138.N, 2018, “Pengawasan keadaan darurat pada saat olah gerak memasuki alur pelayaran sempit sungai kapuas di MT. Anggraini Excellent dengan metode fishbone analysis dan faulth tree analysis”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Drs. Vega Vonsula A, S.st., S.Pd., M.Hum dan Pembimbing II: Poernomo Dwi Atmojo, S.H., M.H Pengawasan keadaan darurat pada saat olah gerak memasuki alur pelayaran sempit sangat diperlukan kesigapan dan pengetahuan yang luas untuk mngatasi bahaya-bahaya yang akan mengancam keselamatan crew, kapal dan muatan. Dengan dasar ini penulis mencari solusi bagaimana pelaksanaan pengawasan keadaaan darurat memasuki alur pelayan sempit di kapal MT. Anggraini Excellent dengan rumusan masalah diantaranya faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keadaan darurat pada saat olah gerak memasuki alur pelayaran sempit dan bagaimana cara mengatasi keadaan darurat pada saat memasuki alur pelayaran sempit jika main engine tiba-tiba mati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fishbone analysis dan faulth tree analysis. Metode fishbone analysis digunakan untuk menentukan faktor-faktor penyebab keadaan darurat pada saat olah gerak memasuki alur pelayaran sempit yang penulis amati dan metode faulth tree analysis digunakan sebagai teknik untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan, metode ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat top down, yang di awali dengan asumsi kegagalan atau kerugian dari kejadian puncak (top event) kemudia merinci sebab-sebab suatu top event sampai pada suatu kegagalan dasar (rootcause). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis selama praktek layar di MT. Anggraini Excellent mengenai pengawasan keadaan darurat pada saat olah gerak memasuki alur pelayaran sempit adanya masalah-masalah yang meliputi faktor-fator yang mempengaruhi keadaan darurat dan main engine tiba-tiba mati saat pelaksanaan olah gerak. Cara yang dilakukan untuk mengtasi faktor-faktor tersebut dibutukan kesigapan dan pengetahuan yang luas dari perwira serta crew, khususnya pada perwira jaga sebagai perwira yang bertanggung jawab terhadap jam jaga harus tegas dalam mengambil keputusan dan memberi perintah, terutama dalam memerintah untuk mempersiapkan atau mengoperasikan alat tertentu dan untuk melakukan tindakan tertentu. Dalam mengatasi main engine tiba-tiba mati yang disebabkan oleh peralatan atau tersumbatnya filter bahan bakar pada main engine perwira harus sigap dalam mendeteksi kerusakan serta pengetahuan yang luas untuk menanggulanginya. Dan dilakukan perawatan serta pengecekan secara berkala sesuai dengan prosedur-prosedur yang ada dan dilakukan pengetesan pada peralatan untuk memastikan keadaan mesin dalam kondisi prima sehingga saat mesin beroprasi tidak terjadi kendala atau kerusakan. Kata kunci: Pengawasan, keadaan darurat, olah gerak, main engine mati,fishbone analysis, faulth tree analysis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawasan, keadaan darurat, olah gerak, main engine mati,fishbone analysis, faulth tree analysis |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 01:56 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 01:56 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1064 |
Actions (login required)
View Item |