FAJAR, HIBANTORO SADEWO (2019) OPTIMALISASI SISTEM PEMBONGKARAN MUATAN LIQUIFIED PETROLEUM GAS/LPG MIX PROPANE (C3) DAN BUTANE (C4) DENGAN MENGGUNAKAN CARGO COMPPRESSOR KETIKA CARGO PUMP RUSAK DI KAPAL LPG/C GAS ARAR”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145285N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145285N_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
Pdf (51145285N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145285N_Open_Accses.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Fajar Hibantoro Sadewo, NIT: 51145285 N, 2019, “Optimalisasi Sistem Pembongkaran Muatan Liquified Petrolium Gas/LPG Mix Propane (C3) dan Butane (C4) dengan Menggunakan Cargo Compressor Ketika Cargo Pump Rusak Di Kapal LPG/C Gas Arar”.skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar. dan Pembimbing II : H. Suharso, S.H.,S.pd.,SE., M.M Dalam proses kegiatan pembongkaran muatan LPG mix khususnya dengan menggunakan cargo compressor perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. hal tersebut memerlukan persiapan yang matang. Pada dasarnya penanganan cargo pump yang rusak dan pembongkaran diganti dengan cargo compressor bertujuan untuk mengatasi masalah agar dapat diselesaikan dengan baik. Kapal LPG/C Gas Arar adalah kapal gas dengan tipe fully Pressurerized yang dirancang untuk mengangkut LPG dan gas cair lain dalam jumlah besar didistribusikan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Tujuan penulis melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara pembongkaran LPG dengan cargo compressor ketika cargo pump di kapal mengalami kerusakaan, serta kendala-kendala saat proses pembongkaran berlangsung dan upaya untuk menanggulangi agar tidak terjadi kerusakaan pada cargo pump. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama praktek berlayar di LPG/C Gas Arar mengenai Optimalisasi Sistem Pembongkaran Muatan Liquified Petrolium Gas/LPG Mix Propane (C3) dan Butane (C4) dengan Menggunakan Cargo Compressor Ketika Cargo Pump Rusak dengan analisis data dilakukan dengan cara internal strategic factors analysis summary(IFAS), external strategic factors analysis summary(EFAS), dan strength weakness opportunities threat(SWOT). serta dengan cara pengumpulan data secara observasi dengan cara mengamati langsung objek penelitian, melakukan wawancara dengan sejumlah responden di LPG/C Gas Arar dan didukung dengan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembongkaran muatan dapat dilakukan dengan menggunakan cargo compressor ketika terjadi kerusakan pada cargo pump dan agar pembongkaran menggunakan cargo compressor dilakukan secara optimal, lancar dan aman serta dapat menghindari terjadinya kerusakaan cargo pump dengan cara melaksanakan maintenance yang rutin dan melaksanakan pembongkaran sesuai SOP yang ada agar proses pembongkaran berjalan dengan optimal, lancar dan aman. ABSTRACT Fajar Hibantoro Sadewo, NIT: 51145285 N, 2019, “Optimalisasi Sistem Pembongkaran Muatan Liquified Petrolium Gas/LPG Mix Propane (C3) dan Butane (C4) dengan Menggunakan Cargo Compressor Ketika Cargo Pump Rusak Di Kapal LPG/C Gas Arar”.Minithesis.”.Nautical Departmen, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnics, 1st Supervisor : Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar. dan 2nd Supervisor : H. Suharso, S.H.,S.pd.,SE., M.M In the process of dismantling LPG mix loads, especially using cargo compressors, it should be carried out as well as possible. this requires careful preparation. Basically the handling of a damaged cargo pump and demolition is replaced with a cargo compressor aimed at solving the problem so that it can be resolved properly. The Arar Gas LPG / C vessel is a fully Pressurerized gas vessel designed to transport large quantities of LPG and liquid gas distributed in West Kalimantan and East Kalimantan. The purpose of the author to do this research is to find out how to dismantle LPG with cargo compressors when the cargo pump on the ship experiences damage, as well as constraints when the demolition process takes place and efforts to overcome the damage to the cargo pump. From the results of research conducted during the practice of sailing at LPG / C Gas Arar regarding Optimization of Liquified Petrolium Gas / LPG Mix Propane (C3) and Butane (C4) Disposal Systems by Using Cargo Compressor When Cargo Pump Damaged by data analysis carried out by means of internal strategic factors analysis summary (IFAS), external strategic factors analysis summary (EFAS), and strength weakness opportunities threat (SWOT). and by means of collecting data by observation by observing the object of research directly, conducting interviews with a number of respondents in Arar LPG / C Gas and supported by the documentation method. From the results of the above research it can be concluded that the unloading of cargo can be carried out using cargo compressors when there is damage to the cargo pump and so that unloading using cargo compressors is carried out optimally, smoothly and safely and can avoid damage to the cargo pump by carrying out routine maintenance and carrying out demolition according to the existing SOP so that the demolition process runs optimally, smoothly and safely.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keyword : Discharging, Cargo compressor, Cargo pump, LPG, Fully Pressurized. Kata kunci : Pembongkaran, Cargo compressor, Cargo pump, LPG, Fully Pressurized. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 04:15 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 04:15 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |