PENGARUH UTILISASI ALAT RUBBER TYRED GANTRY (RTG) DAN YARD OCCUPANCY RATIO (YOR) TERHADAP TRUCK ROUND TIME (TRT) PADA KEGIATAN RECEIVING DI PT TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA

CAHYANINGTYAS, PUTRI BALQIS (2025) PENGARUH UTILISASI ALAT RUBBER TYRED GANTRY (RTG) DAN YARD OCCUPANCY RATIO (YOR) TERHADAP TRUCK ROUND TIME (TRT) PADA KEGIATAN RECEIVING DI PT TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (582111317904K_SKRIPSI_FULLTEXT)
582111317904K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (582111317904K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
582111317904K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (582111317904K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
582111317904K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Balqis, Cahyaningtyas Putri. 2025. “Pengaruh Utilisasi Alat Rubber Tyred Gantry (RTG) Dan Yard Occupancy Ratio (YOR) Terhadap Truck Round Time (TRT) Pada Kegiatan Receiving di PT Terminal Petikemas Surabaya”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Taruga Runadi, M.Si., Pembimbing II: Prof. Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E. Sistem pengangkutan barang menggunakan petikemas menjadi pilihan utama dalam industri logistik seiring dengan perkembangan teknologi. PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) sebagai bagian dari PT Pelindo berupaya untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam kegiatan ekspor dan impor melalui sistem petikemas. Salah satu faktor utama dalam efisiensi operasional TPS adalah pengelolaan Truck Round Time (TRT) pada kegiatan receiving. Namun, dalam praktiknya utilisasi alat Rubber Tyred Gantry (RTG) yang belum optimal serta tingginya Yard Occupancy Ratio (YOR) menyebabkan peningkatan waktu tunggu dan antrean truk eksternal, sehingga melebihi standar waktu pelayanan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian: a) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh utilisasi alat RTG terhadap TRT pada kegiatan receiving di TPS, b) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh YOR terhadap TRT pada kegiatan receiving di TPS, c) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh utilisasi alat RTG dan YOR secara simultan terhadap TRT pada kegiatan receiving di TPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengolahan data berupa teknik analisis regresi linier berganda. Terdapat dua variabel independen dan satu variabel dependen yang diolah menggunakan bantuan Rstudio. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh 109 responden yang terlibat dalam kegiatan receiving. Analisis data dilakukan dengan memenuhi asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel X1 memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap Y sebesar 36%, sementara variabel X2 memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap Y sebesar 42,5%. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai Rsquare sebesar 50,7%. Hal ini berarti bahwa variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y memberikan kontribusi sebesar 50,7 %, sisanya sebesar 49,3% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Temuan tersebut mengindikasikan adanya korelasi moderat antara variabel independen dan variabel dependen

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : truck round time, yard occupancy ratio, rubber tyred gantry
Subjects: Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:06
Last Modified: 30 Jul 2025 03:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item