PUJANG, PUTRA SAMUDRA (2025) ANALISIS KEBOCORAN TANGKI BALLAST DI MT. GIAT ARMADA 01. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (582111118122N_SKRIPSI_FULLTEXT)
582111118122N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (582111118122N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
582111118122N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Pdf (582111118122N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
582111118122N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Pujang Putra Samudra, 2025, NIT: 582111118122 N, “Analisis Kebocoran Tangki Ballast di MT Giat Armada 01”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si., M.Mar, Pembimbing II: Dr. Andi Prasetiawan, S.ST, M.M Kebocoran pada tangki ballast merupakan permasalahan krusial yang dapat mengganggu stabilitas dan keselamatan kapal, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian operasional serta meningkatkan risiko kecelakaan di laut. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika melaksanakan praktek laut di MT. Giat Armada 01, kebocoran tangki ballast terjadi akibat korosi pada plat besi tangki yang tidak terawat, sehingga menyebabkan muatan dari tangki kargo masuk ke tangki ballast dan mengurangi efisiensi operasional kapal. Hal ini diperparah oleh keterbatasan bahan perawatan serta kurangnya perawatan rutin yang mengakibatkan kerusakan tidak terdeteksi lebih awal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Root Cause Analysis (RCA) untuk mengidentifikasi akar permasalahan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama peneliti berada di atas kapal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode RCA dengan pendekatan 5 Whys, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kebocoran tangki Ballast adalah korosi akibat kurangnya perawatan serta bahan untuk melakukan perawatan. Penanganan yang dilakukan berupa perbaikan sementara sampai keadaan memungkinkan untuk dilakukannya perbaikan secara permanen dengan cara pengelasan plat besi. Upaya pencegahan lebih lanjut meliputi perawatan rutin dan penyediaan bahan perawatan sehingga operasional kapal dapat berjalan dengan aman dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kebocoran tangki ballast, korosi, kapal tanker, perawatan kapal |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 04:09 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |