FIKRI, MAULANA YASIN (2024) “OPTIMALISASI FINAL LASHING SAAT LOADING LOG DI MV. PAN OPTIMUM”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011137839N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011137839N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (331kB) |
Abstract
ABTRAKSI Yasin, Fikri Maulana, 2024, 572011137839 N, “Optimalisasi Final lashing Saat Loading Log di MV. Pan Optimum”, Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Yustina Sapan, S.SiT., M.M., Pembimbing II: Retno Hariyanti, S.Pd., M.M. Kapal curah yang didesain mampu mengangkut muatan kayu (log) yang dalam proses pemuatannya terdapat pelaksanaan final lashing yang dilakukan oleh awak kapal. Kapal tersebut mengalami hambatan dalam pelaksanaan final lashing. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam proses final lashing pada MV. Pan Optimum serta langkah untuk mengatasi permasalahan pada proses final lashing. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka kepada informan yang berpengalaman dan terlibat langsung dalam proses penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis fishbone diagram yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab dari suatu permasalahan. Tahapan analisis data dapat dilakukan dengan mengelompokkan penyebab permasalahan yang ada lalu mengelompokkannya ke dalam faktor-faktor seperti Man, Method, Machine, dan Material. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan final lashing pada MV. Pan Optimum antara lain yaitu kelalaian penempatan material lashing serta tidak adanya pembagian tugas kepada awak kapal sebelum pelaksanaan final lashing dilakukan. Permasalahan tersebut berdampak pada pelaksanaan final lashing yang sangat lama serta melebihi waktu yang diberikan pihak pelabuhan dan kurang optimalnya kinerja awak kapal karena terjadi kebingungan pada saat pelaksanaan final lashing. Dengan demikian, awak kapal MV. Pan Optimum melakukan upaya dengan mengaitkan foot wire dan lashing chain ke stanchion kapal sebelum stanchion didirikan, melakukan pembagian tugas kepada semua awak kapal yang terlibat pelaksanaan final lashing, dan melakukan safety meeting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Optimalisasi, Pemuatan kayu, Final lashing |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:41 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6346 |
Actions (login required)
View Item |