ILHAM, MAULANA (2023) IDENTIFIKASI SEBAB DAN AKIBAT DETONASI PADA PROSES PEMBAKARAN PADA MAIN ENGINE DAN PENANGANANYA DI MV. TANTO HEMAT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911217224T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911217224T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ilham Maulana, 2023, 561911217224 T, “Identifikasi sebab dan akibat detonasi pada proses pembakaran pada main engine dan penangananya di MV. Tanto Hemat”, Skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. A Agus Tjahjono, M.M.,M.Mar,E., dan Pembimbing II : Kristin Anita Indriyani, S.ST,M.MM., Main engine adalah mesin yang paling utama dalam suatu kapal, yaitu untuk penggerak suatu kapal. Dalam proses berlayar main engine harus selalu terjaga dengan keadaan prima untuk menunjang kelancaran berlayarnya suatu kapal. Pada main engine sering terjadi keanehan atau hal yang tidak biasa terjadi pada main engine, salah satunya yaitu knocking. Knocking atau yang sering disebut dengan detonasi adalah proses pembakaran pada mesin yang tidak tepat pada waktunya. Detonasi ini bisa berdampak buruk pada kondisi main engine di kapal karena dapat merusakan spare part yang ada pada main engine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi detonasi yang terjadi pada Main engine, menganalisis sebab dan akibat terjadinya detonasi, menganalisis strategi pencegahan detonasi yang terjadi pada Main engine Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, teknik keabsahan data menggunakan validitas internal. Metode SWOT untuk menganalisa berbagai faktor yang dapat dijadikan pilihan dalam mengoptimasi detonasi secara sistematis terhadap kekuatan (Strenghts), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), serta ancaman (Threats) untuk merumuskan strategi yang akan diambil Hasil penelitian identifikasi detonasi yang terjadi pada main engine yaitu terjadi ignition delay, peningkatan suhu gas buang yang tidak normal, terjadi pre ignition pada main engine. Faktor yang menyebabkan detonasi pada mesin induk yaitu kualitas bahan bakar yang buruk, tekanan dan suhu yang tinggi di dalam ruang bakar mesin, timing dari pembakaran yang tidak tepat. Dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya detonasi pada main engine yaitu detonasi akan menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar, kerusakan dari spare part mesin, penumpukan karbon pada ruang bakar. Strategi penanggulangan detonasi pada man engine dengan melakukan pembersihan ruang bakar dari karbon secara berkala, penambahan tekanan injector menjadi 300 bar, lakukan pengecekan kualitas bahan bakar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Identifikasi, timing, detonasi, .knock |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:12 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:12 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6318 |
Actions (login required)
View Item |