ILHAM, HANIF RAMADHAN (2024) ANALISIS OLAH GERAK TB. MBP 3228 DI PERAIRAN HULU SUNGAI BARITO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (012361150013N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
012361150013N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (267kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Ramadhan, Ilham Hanif. 2024. “ANALISIS OLAH GERAK TB. MBP 3228 DI PERAIRAN HULU SUNGAI BARITO”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Yustina Sapan., S.Si.T.,M.M Pembimbing II: Hartoyo., S.ST.,M.M Transportasi laut merupakan suatu kebutuhan pokok, sehingga diperlukan suatu pelayaran yang aman dan nyaman. Sungai Barito merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Tengah dan dikenal memiliki beberapa titik dangkal yang rawan membuat kapal tongkang (Barge) bermuatan batubara kandas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kandasnya Barge MBP 1510 dan mengetahui olah gerak TB MBP 3228 agar tidak mengalami kandas di Hulu Sungai Barito. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan melalui penelitian dan pemahaman dari metodologi yang menyelidiki kejadian di lapangan. Penelitian dilakukan dengan dua teknik pengumpulan data, yaitu metode lapangan dan tinjauan kepustakaan. Pengujian data dilakukan dengan metode trianggulasi sumber, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara antara satu informan dengan informan lain dan mencocokkannya untuk mendapatkan validitas, dan trianggulasi metode, yaitu membandingkan data observasi dengan hasil wawancara yang kemudian dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penyebab kandasnya Barge MBP 1510 di Perairan Hulu Sungai Barito adalah karena faktor internal seperti lambatnya mualim jaga mendeteksi dan memprediksi arah gerak kapal ferry penyeberangan, kurangnya alat komunikasi dan mualim jaga ferry penyebrangan yang tidak memahami peraturan P2TL, selain itu keputusan nahkoda yang tidak tepat juga membuat kapal bergerak dengan arah yang tidak tepat. Faktor eksternal seperti hujan lebat, tiupan angin dan arus pasang juga mengakibatkan Barge MBP 1510 kandas. Berdasarkan hal tersebut, olah gerak TB MBP 3228 agar tidak kandas dapat dilakukan dengan waypoint untuk turun dari hulu menuju hilir yang saat ini aman untuk dipakai adalah 01° 20.153' S/114° 51.867' E dan 01° 20.461' S/114° 52.784' E.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : dinas jaga, kapal tongkang, MBP 1510, MBP 3228, olah gerak |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 08:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 08:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6254 |
Actions (login required)
View Item |