MUHAMMAD, RIZKI FAUZAN (2024) Penerapan Layanan Shifting Kapal di PT. Alfa Trans Raya Menggunakan Inaportnet. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337592K_PROSIDING_FULLTEXT)
572011337592K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
Abstract
1 Penerapan Layanan Shifting Kapal di PT. Alfa Trans Raya Menggunakan Inaportnet Purwantini, Sa, Saleh, .Hb, Fauzan, M.Rc aDosen Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, bDosen Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, cTaruna (NIT. 572011337592 K) Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Abstrak - PT. Alfa Tranas Raya merupakan perusahaan pelayaran yang bergerak di bidang jasa keagenan atau pengurusan (shifting) dokumen kapal dengan menerapkan layanan jasa secara elektronik yang berbasis internet “Inaportnet”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inapornet pada pelayanan jasa keagenan kapal di PT. Alfa Trans Raya dan mengidentifikasikan kendala-kendala yang menghambat sistem Inapornet. Dalam pelaksaan pelayanan keagenan di perusahaan ini ditemukan masalah seperti sistem inaportnet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data yang telah diteliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mengidentifikasi permasalahan utama yang menjadi penghambat proses berlangsunya pelayanan keagenan kapal. Data primer dari penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi di PT. Alfa Trans Raya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pelayanan keagenan kapal mengalami beberapa kendala yaitu kurangnya kesiapan sumber daya manusia dalam pengoperasian sistem inaportnet dan kelalaian dalam melakukan update sistem inaportnet. Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini menyarankan untuk menambah staf operasional yang lebih terampil dalam penggunaan sistem inaportnet dan memprioritaskan saran prasana untuk mendukung kelancaran proses operasional keagenan. Dengan mengatasi kendala ini diharapkan proses pelayanan keagenan kapal dapat berjalan dengan cepat dan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Keagenan, Inaportnet, Shifting |
Subjects: | Prosiding Prosiding > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:11 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:11 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6202 |
Actions (login required)
View Item |