DASIH, PRAMESTI (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PEREKRUTAN KRU KAPAL DI PT. AMAS ISCINDO UTAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337576K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337576K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011337576K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337576K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (572011337576K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337576K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pramesti, Dasih. 2024. “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Perekrutan Kru Kapal Di PT. Amas Iscindo Utama”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Retno Hariyanti, S.Pd.,M.M., Pembimbing II: Fitri Zuhriyah, S.Psi., M.Sc. Dengan jumlah pelaut yang meningkat, persaingan dunia usaha pelayaran semakin memiliki kualifikasi yang ketat saat perekrutan sumber daya manusia terutama kru kapal. Selama perekrutan berlangsung PT. Amas Iscindo Utama mengalami handling complain yang terlambat, bahwa perusahaan mendapatkan info keterlambatan dari beberapa pihak terkait. Maka, perusahaan harus memberikan pelayanan jasa yang memuaskan bagi pelanggan (kru kapal). Sesuai dengan tujuan perusahaan yaitu menjadi crewing division terbaik di Indonesia dengan meningkatkan kualitas layanan, kompetensi kru kapal dan kepuasan kepada principle/shipowner. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui alur perekrutan kru kapal, mengevaluasi penilaian kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan, serta dampak kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perekrutan kru kapal di PT. Amas Iscindo Utama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, dengan teknik penarikan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil sebanyak 68 orang pelanggan (kru kapal). Berdasarkan hasil uji, pelayanan perekrutan kru kapal berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di PT. Amas Iscindo Utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur perekrutan kru kapal yang dilakukan oleh PT. Amas Iscindo Utama telah sesuai dengan kebijakan yang telah diterapkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dapat diartikan bahwa pengaruh pelayanan meningkat maka kepuasan pelanggan di PT. Amas Iscindo Utama akan mengalami peningkatan. Hal ini mebuktikan bahwa semakin tinggi nilai kepuasan pelanggan, maka menunjukkan pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan perekrutan kru kapal memberikan pelayanan yang terbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Alur Pelayanan, Perekrutan Kru Kapal |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 01:50 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 01:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6177 |
Actions (login required)
View Item |