Implementasi Terminal Booking System (TBS) di Terminal Petikemas PT. Jakarta International Container Terminal

SEGRA, KUMARA (2024) Implementasi Terminal Booking System (TBS) di Terminal Petikemas PT. Jakarta International Container Terminal. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011327539K_PROSIDING_FULLTEXT)
572011327539K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) merupakan perusahaan mengoperasikan layanan kontainer untuk kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok. Salah satu masalah yang terjadi di PT. JICT adalah kemacetan di gate in atau pintu masuk atau gate out atau pintu keluar saat peak time atau waktu puncak. Selain kemacetan, dampak dari pergerakan peti kemas yang tidak efisien akan berimbas pada waktu kedatangan kapal, berlabuh jangkar dan keberangkatan kapal, pemborosan bahan bakar, polusi udara dari kendaraan meningkat, performansi operasi lapangan di terminal tidak optimal, operasi bongkar muat di dermaga, dan juga meningkatnya biaya tambahan untuk layanan. PT. JICT meluncurkan Terminal Booking System (TBS) sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan dari implementasi TBS di terminal peti kemas PT. JICT dan untuk mengetahui strategi implementasi TBS di PT. JICT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif meliputi empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tujuan PT. JICT memberlakukan TBS adalah mengurangi kepadatan lalu lintas truk, mempercepat waktu pelayanan, mengurangi biaya logistik, pemerataan distribusi untuk pelayanan keluar masuk petikemas, meningkatkan pelayanan angkutan dan perencanan lebih efisien. Implementasi strateegi TBS dilakukan secara softlaunch dengan menitikberatkan sosialisasi secara menyeluruh kepada seluruh stakeholder yang berkaitan dengan kegiatan operasional TBS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peti Kemas, Terminal Peti Kemas, Terminal Booking System
Subjects: Prosiding
Prosiding > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 28 Oct 2024 13:32
Last Modified: 28 Oct 2024 14:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item View Item