MOCHAMAD, RIKZA HARNANG SETYO (2024) ANALISIS PELAYANAN BONGKAR MUATAN STEEL COIL DI PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327530K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327530K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327530K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327530K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (572011327530K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327530K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (76kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Setyo, Mochamad Rikza Harnang, 2024, NIT: 572011327530, “Analisis Pelayanan Bongkar Muatan Steel Coil di PT. Pelabuhan Tanjung Priok”, Skripsi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Pembimbing II: Erli Pujianto, S.E., M.M. PT. Pelabuhan Tanjung Priok merupakan anak perusahaan dari PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) dan termasuk dalam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha jasa operasional kepelabuhanan. Steel coil menjadi salah satu komoditas muatan yang sering dibongkar di Pelabuhan Tanjung Priok dan masuk dalam layanan jasa bongkar muatan oleh PT. Pelabuhan Tanjung Priok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur pelayanan bongkar muatan steel coil di PT. Pelabuhan Tanjung Priok, kendala dalam pelayanan, dan upaya yang dilakukan PT. Pelabuhan Tanjung Priok untuk menangani kendala dalam pelayanan bongkar muatan steel coil. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dengan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan dengan supervisor departemen perencanaan dan pengendalian kapal dan barang, assistant supervisor departemen operasional lapangan, dan supervisor departemen operator alat bongkar muat serta studi pustaka terkait pengurusan dokumen bongkar muatan steel coil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pertama bongkar muatan steel coil dilaksanakan oleh departemen perencanaan dan pengendalian kapal dan barang berupa perencanaan alokasi dermaga untuk kapal dan proses melengkapi dokumen persyaratan bongkar muatan steel coil, kedua adalah layanan oleh departemen operasional lapangan berupa pelaksanaan bongkar muatan steel coil bersama PBM dan EMKL, ketiga adalah layanan oleh departemen operator alat bongkar muat berupa pengoperasian alat bongkar muat GLC dan Forklift. Kendala yang dihadapi yaitu keterlambatan proses melengkapi dokumen, keterlambatan kedatangan truk pengangkut, dan trouble mesin alat bongkar muat GLC. Upaya yang dilakukan PT. Pelabuhan Tanjung Priok untuk menangani kendala adalah dengan memberikan teguran atas keterlambatan pengurusan dokumen, melakukan penimbunan sementara steel coil dan koordinasi dengan staff HSSE dan security atas keterlambatan kedatangan truk pengangkut, dan membuat laporan ke PT. JPPI atas kerusakan alat bongkar muat GLC.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pelayanan, Bongkar Muat, Steel Coil. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 12:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 12:44 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6091 |
Actions (login required)
View Item |