FAIZAL, ARDAN GIFFARI (2024) UPAYA MEMINIMALISIR TERJADINYA KECELAKAAN KENDARAAN DI ATAS KAPAL KMP. KALIBODRI PADA LINTASAN PENYEBERANGAN KENDAL-KUMAI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337582K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011337582K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (908kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Giffari, Faizal Ardan. 2024. “UPAYA MEMINIMALISIR TERJADINYA KECELAKAAN KENDARAAN DI ATAS KMP. KALIBODRI PADA LINTASAN PENYEBERANGAN KENDAL-KUMAI”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Awel Suryadi, S.ST., M.Si., Pembimbing II: Dr. Darul Proyogo, M.PD Industri pelayaran sangat membantu dalam pengiriman barang baik ke luar negeri maupun di dalam negeri. Pengiriman dalam negeri sendiri tentunya menggunakan kapal penyeberangan, hal ini guna untuk membantu perpindahan barang yang berbeda pulau. Kapal penyeberangan juga harus diwajibkan adanya alat keamanan baik kendaraan maupun barang yang di angkut oleh kapal itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan di atas kapal pada saat pelayaran berlangsung. Data primer dari penelitian ini berasal dari hasil wawancara dan observasi saat penulis menjadi agent di KMP. kalibodri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif , metode ini untuk mengetahui kegiatan pelashingandan faktor penyebab masalah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dari observasi yang dilakukan di KMP. Kalibodri. Dalam pelaksanaa penelitian, narasumber yang terlibat adalah Captain, Chief Officer, Agent KMP. Kalibodri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keamanan dan keselamatan kendaraan bermuatan sangatlah penting dalam kapal penyeberangan. Faktor utama penyebab kecelakaan kendaraan di atas kapal adalah kurangnya alat lashing. Pelashingan sangat berpengaruh dalam keamanan dan keselamatan kendaraan bermuatan. Dampak dari kurangnya alat pengikat (lashing) terhadap kegiatan bongkar muat di KMP. Kalibodri adalah terhambatnya proses bongkar dan muat di pelabuhan tujuan. Dampak lainnya adalah ganti rugi perusahaan pelayaran kepada pihak pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan perbaikan kendaraan yang mengalami kerusakan. Upaya penanganan yang dilakukan dalam keamanan dan keselamatan kapal KMP. Kalibodri yaitu, menggunakan alat pengikat (lashing) kendaraan bermuatan, melakukan koordinasi kepada capten dan perusahaan pelayaran untuk melakukan pengecekan pengikatan pada kendaraanbermuatan sebelum melakukan proses pelayaran. Dengan ini kejadian kecelakaan kendaraan di atas kapal KMP. Kalibodri tidak terjadi di kemudian hari dan proses bongkar muat dapat berjalan lancar dan lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : lashing,bongkar muat, dampak |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:38 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6068 |
Actions (login required)
View Item |