ARGA, ISYRAQ HERNANDA (2024) ANALISIS LAMANYA OPERASIONAL KAPAL TB MARINA 21 GUNA MENCAPAI TARGET WAKTU BERLAYAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327517K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011327517K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (389kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Hernanda, Arga Isyraq. 2024. “Analisis Lamanya Operasional Kapal TB Marina 21 Guna Mencapai Target Waktu Berlayar”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M. Hum., Pembimbing II: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST, M.M, M.Mar. Waktu berlayar adalah suatu hal yang penting dalam divisi operasional untuk mencapai targetnya dalam kemajuan perusahaan. Dalam pencapaian target operasional terkadang mengalami ketidaksesuaian. Berdasarkan perhitungan performa TB Marina 21 didapati tidak tercapainya waktu berlayar saat pelayaran dari Banjarmasin menuju Teluk Timbau. Hal tersebut menyebabkan keterlambatan tiba di Teluk Timbau. Ketentuan target waktu berlayar ialah 24 jam. Kemudian aktual yang terjadi waktu berlayar 33 jam, sehingga keterlambatan waktu berlayar selama 9 jam. Oleh karena itu diperlukannya tindakan untuk mengatasi masalah keterlambatan TB Marina 21 dalam pelayaran dari Banjarmasin-Teluk Timbau untuk menghindari kerugian yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan TB Marina 21, dampak dari penyebab keterlambatan TB Marina 21 serta upaya yang dapat dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan metode Root Cause Analysis (RCA) 5 why. Pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menyatakan bahwa penyebab keterlambatan TB Marina 21 dalam pelayaran dari Banjarmasin menuju Teluk Timbau yaitu alur pelayaran yang sempit di segitiga marabahan dan letter S. Dampak yang terjadi dari akibat keterlambatan TB Marina 21 adalah panjangnya antrian di jembatan marabahan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi keterlambatan pelayaran TB Marina 21 ialah memperluas alur pelayaran di segitiga marabahan dan letter S agar pelayaran menjadi lancar dan tidak adanya antrian di jembatan marabahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: TB, Operasional, Waktu Berlayar, RCA |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:12 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:12 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6053 |
Actions (login required)
View Item |