MUHAMAD, AKHMAL FATHURRIDHO (2024) ANALISIS PERGESERAN KONTAINER PADA MV SINAR SUNDA SAAT BERLAYAR DI SOUTH CHINA SEA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011127824N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011127824N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (149kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Muhamad Akhmal Fathurridho, 2024, NIT: 572011127824.N, “Analisis Pergeseran Kontainer Pada MV Sinar Sunda Saat Berlayar di South China Sea“, Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Iskandar., S.H., M.T, Pembimbing II: Dr. Ali Muktar Sitompul, M.T,. M.Mar.E. Kontainer merupakan wadah untuk menganggkut berbagai macam jenis muatan. Kontainer yang dimuat diatas kapal mempunyai pengikat berupa lashing dan twistlock untuk mengikat dan menghindari adanya pergeseran kontainer. Permasalahan yang sering terjadi pada kontainer adalah pergeseran. Walaupun telah di pasang pengikat, konrainer seringkali mengalami pergeseran pada saat berlayar. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui faktor penyebab pergeseran kontainer di MV Sinar Sunda, mengetahui dampak dari pergeseran kontainer di MV Sinar Sunda, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi pergeseran kontainer yang baik agar dikemudian hari tidak terjadi permasalahan seperti adanya pergeseran kontainer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pola deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh melalui data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data di dapat melalui observasi, dokumentasi yang telah dikumpulkan peneliti selama melaksanakan praktik laut di MV Sinar Sunda, serta wawancara dengan narasumber terkait. Teknik analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah metode fishbone analysis untuk mengidentifikasi akar penyebab pergseran kontainer di MV Sinar Sunda. Faktor penyebab pergeseran kontainer adalah cuaca buruk yang dialami kapal MV Sinar Sunda. Tidak adanya lashing yang terpasang pada kontainer yang bergeser. Hal ini disebabkan oleh stevedore yang tidak memasang lashing, pemasangan lashing yang tidak sesuai, serta tidak dilakukannya pengecekan lashing sebelum keberangkatan kapal. Dampak yang diakibatkan dalam pergeseran ini adalah rusaknya muatan yang ada di dalam kontainer. Upaya yang dilakukan dalam mencegah terjadinya pergeseran kontainer adalah melakukan toolbox meeting sebelum melakukan pekerjaan, melakukan perawatan pada twistlock, memastikan bahwa lashing terikat di kontainer dengan baik, serta melakukan lashing sesuai dengan lashing arrangement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pergeseran, kontainer, lashing |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6031 |
Actions (login required)
View Item |