FALLAH, FAUZAN (2024) ANALISIS PENYEBAB PISTON MACET PADA AUXILIARY ENGINE DAIHATSU 5DK20 DI MV.DK 02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217628T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217628T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011217628T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217628T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (572011217628T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217628T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (309kB) |
Abstract
ABSTRAK Fauzan, Fallah 2024. “Analisis Penyebab Piston Macet Pada Auxiliary Engine Daihatsu 5DK20 di MV. DK 02”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., Pembimbing II : Kresno Yuntoro, S.ST., M.M. Auxiliary engine atau juga disebut diesel generator di kapal berfungsi sebagai mesin penghasil listrik dengan mengubah tenaga mekanik menjadi energi listrik yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di atas kapal. Ditemukannya permasalahan pada diesel generator no. 3 di kapal MV. DK 02 yaitu piston cylinder no.5 mengalami kemacetan saat dioperasikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab piston macet pada auxiliary engine di MV.DK 02, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari terjadinya piston macet pada auxiliary engine di MV. DK 02, dan untuk mengetahui upaya untuk mencegah terjadinya piston macet pada auxiliary engine di MV. DK 02. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang berasal dari metode observasi, metode wawancara, dan penelitian kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah chief engineer, third engineer dan crew kapal MV. DK 02. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware). Faktor penyebab piston macet pada diesel generator di MV.DK 02 yaitu bocornya pendingin exhaust valve seat cylinder head, kontaminasi minyak lumas, jadwal (PMS) plain maintenance system yang berjalan tidak sesuai ketentuan. Hal tersebut mengakibatkan connecting rod mengalami kebengkokan, menyebabkan goresan pada dinding silinder dan piston serta mengakibatkan mesin mengalami downtime. Upaya yang dilakukan adalah pengantian unit cylinder head dan komponen yang terdampak, pengecekan dan pembersihan pada piston dan ruang pembakaran, menjalankan (PMS) plain maintenance system sesuai dengan prosedur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Piston, Macet, Auxiliary engine, SHEL |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:59 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5951 |
Actions (login required)
View Item |