DHIKA, RESTIAN INFADA (2024) OPTIMALISASI PENGGUNAAN GRAB UNTUK KELANCARAN BONGKAR MUAT MUATAN CURAH DI MV. LUMOSO KARUNIA II. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117762N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117762N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011117762N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117762N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (4MB) |
|
Pdf (572011117762N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117762N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (352kB) |
Abstract
viii ABSTRAK Dhika Restian Infada, 2024. "Optimalisasi Penggunaan Grab untuk Kelancaran Bongkar Muat Muatan Curah Di MV. Lumoso Karunia II". Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman., M.Si., M.Mar. Pembimbing II: Aryanti Fitrianingsih., S.T, M.T. Kapal curah adalah jenis kapal yang dirancang khusus untuk mengangkut kargo dalam jumlah besar tanpa dikemas dalam kontainer. Kargo yang diangkut oleh kapal curah biasanya berupa barang curah seperti biji besi, batubara, biji- bijian, semen, pupuk, dan bahan baku lainnya. Kapal curah memiliki ruang kargo yang luas dan terbuka, sehingga memudahkan proses pemuatan dan pembongkaran barang. Kapal ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukurannya, seperti Handymax, Panamax, dan Capesize, yang masing-masing memiliki kapasitas dan spesifikasi yang berbeda-beda. Pada saat praktik laut penulis mengamati kurang optimalnya pengguanaan Grab yang mengakibatkan terhambatnya proses bongkar muat. Sebelum melakukan proses bongkar muat dilakukan berbagai prosedur perawatan demi kelancaran proses bongkar muat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kurang optimalnya penggunaan Grab, dan upaya optimalisasi penggunaan Grab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini didukung dengan menggunakan teknik triangulasi dengan memadukan ketiga sumber data menjadi sinkron satu sama lain. Penyebab dari kurang optimalnya penggunaan Grab disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perawatan yang dilakukan kurang optimal yang dapat mengakibatkan kurang rapatnya cakupan Grab, kurangnya waktu untuk melakukan perawatan, serta tidak tersedianya spare part yang dibutuhkan seperti kabel crane yang sudah dalam keadaan rusak. Upaya yang dilakukan untuk optimalisasi pengguaan Grab yaitu dilakukannya perawatan Grab secara berkala, mengadakan spare part dengan mengirim request ulang kepada pihak perusahaan, serta mengadakan meeting dengan crew kapal untuk membahas perawatan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Grab, Optimalisasi, Perawatan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 00:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 00:58 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5921 |
Actions (login required)
View Item |