I, MADE PUSPADANA (2024) STUDI KASUS PENANGANAN PENUMPANG JATUH KE LAUT DI KM. LEUSER LOKASI DI LAUT BANDA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117746N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117746N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011117746N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117746N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (572011117746N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117746N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (70kB) |
Abstract
ABSTRAK Puspadana, I Made. 2024. “Studi Kasus Penanganan Penumpang Jatuh ke Laut di KM. Leuser Lokasi di Laut Banda” Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembingbing I: Capt. Dian Kurnianingsari., S.ST., M.M Pembingbing II: Muhammad Choeroni.,S.ST.pel. Kecelakaan laut sering terjadi dalam bentuk kebakaran, kebocoran, tubrukan, kandas, dan Man Overboard. International Maritime Organization (IMO) menekankan keselamatan, keamanan, efisiensi, dan kebersihan laut. Berdasarkan pengalaman penulis di KM. Leuser dari PT PELNI, kecelakaan disebabkan oleh berbagai faktor seperti pemuatan, kondisi teknis kapal, kesalahan kru dan penumpang, serta cuaca buruk. Pencegahan melalui pelatihan, perawatan kapal, dan penegakan peraturan adalah langkah awal untuk mengurangi risiko kecelakaan. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian yang diperoleh penulis berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di KM. Leuser. Penelitian ini didukung dengan menggunakan teknik triangulasi metode dengan memadukan sumber data sehingga menemukan jawaban yang valid satu sama lain. Hasil penelitian mengenai pencegahan insiden Man Overboard di KM. Leuser menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan terhadap penumpang dengan gangguan mental menjadi penyebab utama, disebabkan oleh kurangnya keterbukaan dari pihak penumpang dan kapal. Langkah-langkah pencegahan yang telah diambil meliputi pemasangan tanda peringatan bahaya, penayangan video safety induction, dan pelaksanaan drill rutin dengan melibatkan penumpang. Meskipun upaya ini sudah dilakukan, insiden Man Overboard masih terjadi, sehingga perlu peningkatan agar tindakan pencegahan menjadi lebih tepat dan efektif.Di akhir penelitian ini, penulis menyarankan beberapa langkah untuk meningkatkan pencegahan Man Overboard di KM. Leuser, yang mencakup: peningkatan pengawasan kru kapal dengan pemasangan kamera pengawas; imbauan kepada penumpang untuk mematuhi instruksi keselamatan dan tanda peringatan; pelaksanaan safety campaign dan drill yang melibatkan penumpang; optimalisasi peran satpam dengan patroli rutin dan pemantauan CCTV di area dek terbuka untuk mencegah perilaku mencurigakan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penumpang secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Man Overboard, Penanganan, Pencegahan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:20 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5915 |
Actions (login required)
View Item |