DEVY, SAFITRI (2024) PELAYANAN PENUMPANG PADA MUSIM PEAK SEASON DI KM. LABOBAR SESUAI SOP PT. PELNI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011117740N_PROSIDING_FULLTEXT)
572011117740N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak – Pelayanan penumpang merupakan hal penting dalam pengoperasian kapal penumpang. Standar pelayanan penumpang yang baik dapat dilihat dari keadaan yang kondusif, ada tidaknya keluhan dari penumpang, dan rasa kepercayaan. Keamanan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Maka perlu untuk mengetahui faktor penyebab kurangnya optimalisasi pelayanan demi mewujudkan upaya agar pelayanan penumpang saat peak season dapat dilaksanakan secara optimal sesuai SOP PT. PELNI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pola kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di KM. Labobar. Penelitian ini didukung dengan menggunakan teknik triangulasi dengan memadukan ketiga sumber data menjadi sinkron satu sama lain. Penyebab dari kurang optimalnya proses bunker ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya anggota kemanan, lonjakan penumpang, kurangnya CCTV di dek penumpang dan kelelahan oleh kru kapal. Dampak yang ditimbulkan berpengaruh kepada tidak optimalnya pelayanan diatas kapal. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan penumpang dengan menambah anggota keamanan, mengecek kesesuaian tiket, meminta tmabhana CCTV, dan mengadakan safety meeting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pelayanan, peak season, SOP PT.PELNI |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:07 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:07 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5914 |
Actions (login required)
View Item |