MUHAMMAD, IQBAL AFANDI (2024) IDENTIFIKASI MENURUNNYA KINERJA FO HIGH PRESSURE PUMP PADA MAIN ENGINE DI KM.MULIANIM. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911237360T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237360T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911237360T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237360T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (561911237360T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237360T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Afandi, Muhammad Iqbal 2024 ” Identifikasi Menurunnya Kinerja Fo High Pressure Pump Pada Main Engine di KM.Mulianim” Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi,Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T.,M.T Pembimbing II : Ely Sulistyowati, S.ST., M. Untuk memastikan kelancaran pengangkutan barang, mesin kapal harus beroperasi optimal sesuai target yang ditetapkan. Kerusakan atau kinerja tidak optimal pada mesin dapat mengganggu proses pengangkutan, berdampak pada perkembangan ekonomi daerah atau negara. Perawatan mesin, termasuk main engine dan auxiliary engine, krusial untuk menjaga kinerja. Kerusakan pada pompa, seperti delivery valve dan naiknya suhu gas buang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, fokus pada pemahaman fenomena secara mendalam. Pendekatan ini memperhatikan interpretasi subjek, konteks sosial, dan budaya. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis menggunakan metode fishbone dengan pendekatan 1P (Procedure), 3M (Machine, Material, Man Power). Data primer berupa pengamatan tekanan bahan bakar pompa injeksi di KM. Mulianim, sementara data sekunder berasal dari manual book pompa Fo High Pressure Pump di kapal.Penelitian menegaskan bahwa penurunan kinerja Fo High Pressure Pump di KM. Mulianim disebabkan oleh keausan plunger, kerusakan delivery valve, dan kurangnya perawatan, yang berdampak pada kenaikan suhu gas buang dan kegagalan start. Solusi termasuk penggantian spring delivery valve, membersihkan filter bahan bakar, setting control rack, dan pemeriksaan tekanan injector serta suhu gas buang secara berkala. Tindakan ini penting untuk menjaga kinerja mesin dan kelancaran operasional kapal, sesuai dengan hasil penelitian dan kondisi yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kinerja, Fo High Pressure Pump,Perawatan, Mesin |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 05:50 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5905 |
Actions (login required)
View Item |