PENGARUH LAMBATNYA PROSES BUKA HATCH COVER TYPE FOLDING TERHADAP BONGKAR MUAT PADA KAPAL MV DK 02

MUHAMMAD, TAUFIK TRIANTORO (2024) PENGARUH LAMBATNYA PROSES BUKA HATCH COVER TYPE FOLDING TERHADAP BONGKAR MUAT PADA KAPAL MV DK 02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011117749N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011117749N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011117749N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011117749N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (572011117749N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011117749N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (411kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Triantoro, Muhammad Taufik, NIT. 572011117749 N, 2024, “Pengaruh Lambatnya Proses Buka Hatch Cover Type Folding Terhadap bongkar muat MV. DK 02”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Capt. Ilham Ashari., S.Si. T., M.M., M. Mar Pembimbing II : Pranyoto., S.Pi., M.AP. Pada saat kapal MV. DK 02 akan melaksanakan proses muat di Balikpapan Terminal Coal hatch cover pada nomor 4 sulit untuk dibuka. setelah melakukan perbaikan dan menyebabkan penundaan muat pada palka tersebut, Sehingga dilakukan membuka hatch cover secara manual supaya proses muat tidak tertunda lebih lama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pola deskriptif. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi, penulis berfokus terhadap faktor penyebab terjadinya hatch cover lambat saat dibuka. Kemudian ditinjau dengan wawancara terhadap narasumber yang bertanggung jawab hal tersebut. Dokumentasi digunakan untuk barang bukti penulis dan alat bantu untuk menjawab pernyataan yang di tulis oleh peneliti. Faktor teknis meliputi dari sumber daya manusia pada kapal yang merujuk pada peran dan elemen manusia yang terlibat di atas kapal atau yang bertanggung jawab pada proses controlling servicing and evaluating dalam penggunaan hatch cover. Faktor mekanis dalam penyebab terkendalanya meliputi komponen pendukung kapal yaitu kondisi peralatan pada kapal yang menjadi kendala permasalahan dalam penelitian dan dari pihak Perusahaan apabila terjadi kendala. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pengecekan oil hydraulic secara berkala dan melakukan pembersihan filter pompa hatch cover. Serta mengganti o’ring control valve yang sudah rusak serta mengganti mengganti coupling penghubung pompa dengan elektronik motor supaya pompa dapat bekerja secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hatch Cover, bongkar muat, pengecekan
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:09
Last Modified: 05 Jul 2024 03:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item