AFIF, MAULANA (2023) OPTIMALISASI DAN PENGOPERASIAN SEKOCI SEBAGAI PENUNJANG KESELAMATAN CREW DI MV. MARE MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236880T_SKRIPSI FULLTEXT)
551811236880T_SKRIPSI FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811236880T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236880T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811236880T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236880T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (281kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Afif, Maulana, 2023, NIT. 551811236880 T, “Optimalisasi dan pengoperasian sekoci sebagai penunjang keselamatan crew di MV. Mare Mas, Progam Diploma IV, Progam Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr.F.Pambudi Widiatmaka. S.T.,M.T. Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T.,M.Mar.E. Sekoci merupakan salah satu alat penolong keselamatan diatas kapal yang dapat digunakan untuk mengevakuasi seluruh crew kapal apabila kapal mengalami suatu kebakaran, kandas dan tenggelam karena memiliki konstruksi yang lebih kuat dari alat penolong lainnya. Masalah yang sering terjadi adalah kurang trampilnya crew kapal tentang perawatan dan pengoperasian sekoci yang sesuai dengan prosedur serta rendahnya perawatan sekoci di kapal MV. Mare Mas. Kemudian tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab perawatan dan pengoperasian sekoci tidak berjalan secara optimal di kapal MV. Mare Mas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan metode teknik analisis data yaitu SHEL Software, Hardware, Environment, Liveware, Dimana pemecahan masalah menggunakan analisis SHEL untuk mengidentifikasi dari faktor-faktor penyebab tidak optimalnya perawatan dan pengoperasian sekoci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor apa saja yang menyebabkan tidak optimalnya perawatan dan pengoperasian sekoci di kapal MV. Mare Mas adalah : 1] kualitas spare part [suku cadang] dan terlambatnya pengiriman bahan spare part. 2] kerusakan pada bagian sekoci. 3] faktor alam yang tidak menentu dan sering berubah-ubah.4] kurangnya pengetahuan dan kemampuan manusia atau crew kapal. Dampak dari tidak optimalnya perawatan dan pengoperasian sekoci adalah : 1] kurangnya persediaan suku cadang diatas kapal. 2] pengoperasian sekoci terganggu. 3] tidak optimalnya perawatan dan pengoperasian sekoci. Untuk mencegah faktor-faktor yang menyebabkan perawatan dan pengoperasian sekoci tidak berjalan secara optimal,Upaya yang harus dilakukan yaitu : 1] selalu mendata dan mengecek sisa spare part dan melaporkan kepada Perusahaan agar tidak terjadi keterlambatan proses pengiriman spare part. 2] melaksanakan perawatan dan pengoperasian sesuai dengan PMS[plan maintenance system] sesuai dengan prosedur dari Perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : suku cadang,optimal,sekoci,SHEL |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:55 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:55 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5725 |
Actions (login required)
View Item |