ANALISIS OLAH GERAK KAPAL MV SMARAGD PADA KONDISI CUACA EKSTREM DI PERAIRAN NORTH SEA

ANDI, SUGARA (2024) ANALISIS OLAH GERAK KAPAL MV SMARAGD PADA KONDISI CUACA EKSTREM DI PERAIRAN NORTH SEA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911137134N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911137134N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (179kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI ANDI SUGARA, 2024, 561911137134.N, “Analisis Olah Gerak Kapal MV Smaragd Pada Kondisi Cuaca Ekstrem Di Perairan North Sea”, Skripsi. Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Moh Zaenal Arifin, S.ST, M.M dan Pembimbing II : Sri Purwantini, SE.S,Pd, MM. Kondisi cuaca ekstrem merupakan salah satu penyebab umum kecelakaan kapal di perairan North Sea. Perairan North Sea sering mengalami gelombang tinggi, angin kencang bahkan terjadinya hurricane yang dapat membahayakan olah gerak kapal, kerusakan pada kapal serta muatan dan mengancam keselamatan kru kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejadian pada kapal MV Smaragd ketika berolah gerak pada kondisi cuaca ekstrem di perairan North Sea, untuk mengetahui persiapan kapal untuk berolah gerak pada kondisi cuaca esktrem, untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam berolah gerak pada kondisi cuaca ekstrem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian pada kapal MV Smaragd saat berolah gerak pada kondisi cuaca ekstrem, Nahkoda mengambil tindakan yang tepat dengan tujuan untuk mendeteksi cuaca ekstrem dan menghindari memasuki area Navigable Semi Circle. Persiapan kapal untuk berolah gerak dalam kondisi cuaca esktrem dengan melakukan briefing terhadap kru kapal sebelum memasuki area cuaca ekstrem. Tindakan yang diambil ketika berolah gerak dengan merubah haluan atau kecepatan atau kombinasi keduanya, kapal harus dikemudikan secara manual agar tetap berada di jalur, melakukan pemeriksaan weather forecast sesering mungkin dan melakukan ballasting / deballasting untuk memperbaiki kinerja kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cuaca Ekstrem, Olah Gerak Kapal, Perairan North Sea
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 04 Jul 2024 09:03
Last Modified: 04 Jul 2024 09:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item