ANALISIS TERSANGKUTNYA BUOY ALUR PELAYARAN PADA PROPELLER KAPAL DI MV. DK 03

AZIZ, IKHSAN NUR ROHMAN (2023) ANALISIS TERSANGKUTNYA BUOY ALUR PELAYARAN PADA PROPELLER KAPAL DI MV. DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911127088N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911127088N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911127088N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911127088N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911127088N_SURAT PERYATAAN PUBLIKASI)
561911127088N_SURAT PERYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI ROHMAN, AZIZ IKHSAN NUR. NIT. 561911127088 N, 2023, “Analisis Tersangkunya Buoy Alur Pelayaran Pada Propeller Kapal Di MV. DK 03”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Iskandar, SH,MT., Pembimbing II: Janny Adriani Djari, S.ST, M.M. Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki banyak pulau sehingga bisa dilalui melalui jalur pelayaran internasional. Untuk menunjang aktivitas pelayaran diperlukan dukungan fasilitas pelabuhan seperti alur pelayaran. Dalam hal tersebut memiliki tingkatan saat mengelola bahkan mempertimbangkan faktor aman, nyaman, serta keselamatan saat melakukan pekerjaan. Pelabuhan Tanjung Intan yaitu sebagai tempat bersandarnya kapal yang salah satunya berada di Indonesia, sebagai terjadinya peristiwa kandas dan tersangkutnya buoy. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tersangkutnya buoy pada propeller kapal dan mengetahui upaya untuk mencegah tersangkutnya buoy pada propeller kapal di MV. DK 03. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung di atas kapal MV. DK 03 kemudian studi kepustakaan dengan mengumpulkan informasi melalui studi menelaah literature catatan serta pelaporan yang berkaitan dengan permasalahan. Yang ketiga yaitu wawancara terhadap Nakhoda, Chief Officers. Data yang ada kemudian di analisa dengan metode fishbone. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor tersangkutnya buoy alur pelayaran pada propeller kapal ialah kurangnya koordinasi antara nahkoda dan kru, kurangnya pemahaman terkait hal hal dasar maupun yang terkait dengan buoy,dan dampak dari tersangkutnya buoy alur pelayaran pada propeller kapal ialah tingginya resiko kecelakaan kerja dan keselamatan pelayaran di alur masuk pelabuhan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi penyebab tersangkutnya buoy ialah memperbaiki dan mengupdate ecdis dapat meminimalisir terjadinya kecelakan kapal dan mengidentifikasi lampu buoy yang tidak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: buoy, alur pelayaran, keselamatan pelayaran
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:00
Last Modified: 10 Jul 2024 06:08
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item