IDENTIFIKASI TERJADINYA OVERPRESSURE HOSE SAAT PROSES DISCHARGING PADA MT NAVIGATOR GLOBAL

ERIC, ENDY PRATAMA (2024) IDENTIFIKASI TERJADINYA OVERPRESSURE HOSE SAAT PROSES DISCHARGING PADA MT NAVIGATOR GLOBAL. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911137157N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911137157N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (635kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pratama, Eric Endy, 561911137157 N, 2024, “Identifikasi Terjadinya Overpressure Hose saat Proses Discharging pada MT Navigator Global”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yustina Sapan, S.ST, MM., M.Mar., Pembimbing II: Fatimah, S.Pd., M.Pd. Pembongkaran LPG di PMB IV, Tanjung Priok oleh MT Navigator Global mengalami peningkatan pressure pada hose. Kenaikan pressure pada hose disebabkan oleh kurang layaknya kondisi hose yang tersedia dan koordinasi mengenai pihak kapal dengan pihak yang terkait, serta kurangnya pengetahuan dari pihak yang terkait mengenai kondisi tersebut yang disebabkan alat pembongkaran tidak dalam kondisi yang normal. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah penelitian terkait penyebab terjadinya overpressure hose pada kapal MT. Navigator Global selama proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok. Selain itu, peneliti juga mengkaji dampak yang timbul akibat overpressure hose yang terjadi pada kapal tersebut selama proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab overpressure hose pada kapal MT. Navigator Global saat proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok dan mengidentifikasi dampak overpressure hose di kapal MT. Navigator Global pada saat proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus instrumental dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh ketika peneliti melaksanakan praktek berlayar di MT. Navigator Global milik PT. Equinox Bahari Utama selama 12 bulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya overpressure hose, di antaranya faktor dari luar yaitu kondisi hose yang digunakan untuk bongkar muatan harus dalam keadaan baik dan harus dilakukan maintenance secara rutin agar hose aman untuk digunakan. Kemudian terjadinya overpressure hose pada kapal MT. Navigator Global saat proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok berdampak pada terhambatnya proses bongkar muatan karena hose yang digunakan tidak dapat mengirimkan muatan disebabkan pressure yang tinggi dan merugikan baik dari segi waktu dan biaya baik dari pihak manajemen kapal maupun pihak darat itu sendiri. Selain itu, overpressure hose juga mengakibatkan keterlambatan operasi bongkar muat bagi kapal lain yang berada di Pelabuhan karena menunggu antrian untuk melakukan bongkar muat. Jika tidak terlaksana pemeliharaan hose secara berkala akan menimbulkan bahaya bagi crew kapal yang ada di sekitar manifold.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Overpressure Hose, LPG, bongkar muat
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 May 2024 03:31
Last Modified: 06 May 2024 03:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item