ANALISIS KEBOCORAN KATUP PADA PIPA MUATAN DI MT. BULL DAMAI 1

ONGKY, AKBAR PRAMONO (2024) ANALISIS KEBOCORAN KATUP PADA PIPA MUATAN DI MT. BULL DAMAI 1. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (561911127125N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911127125N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pramono, Ongky Akbar 561911127125 N, 2023, “Analisis Kebocoran Katup Pada Pipa Muatan di MT. Bull Damai 1”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Arya Widiatmaja, S.ST., M.Si., Pembimbing II: Purwantono, S. Psi, M. Pd. Kebutuhan minyak bumi di Indonesia sangat banyak disetiap tahunnya. Tentunya dalam proses pemerarataan distribusinya ke seluruh wilayah di Indonesia diperlukan transportasi yang efektif dan efisien, yaitu kapal tanker. Kondisi dari suatu kapal sangat mempengaruhi kelancaran dalam pengangkutan minyak bumi. Pada saat peneliti melaksanakan praktik laut di kapal MT. Bull Damai 1, peneliti menemukan muatan crude oil yang tidak dapat dihisap oleh cargo oil pump. Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh rusaknya katup yang terdapat pada pipa muatan didalam tangki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan katup pada pipa muatan dan mengetahui pemeliharaan katup pada pipa muatan agar hasil bongkaran muatan akan lebih maksimal. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan triangulasi sumber dan teknik. Hasil data yang sudah teruji keabsahannya akan dianalisis menggunakan fishbone diagram dan interactive analysis models. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemeliharaan yang kurang terhadap katup pada pipa muatan dapat mengakibatkan katup menjadi rusak. Pada penelitian ini, salah satu bagian dari katup yaitu seat ring robek yang pada akhirnya menyebabkan katup tidak kedap dan menjadikan udara dapat masuk ke dalam sistem cargo oil pump, sehingga cargo oil pump tidak dapat menghisap muatan sampai habis (kering). Faktor yang menyebabkan katup pada pipa muatan rusak adalah kurangnya pemeliharaan dari kru kapal, pengoperasian katup yang kurang baik yang mengakibatkan terjadinya cavitation dan water hammering, over running hours, dan katup yang tidak dapat menutup sempurna. Pemeliharaan dilaksanakan dengan mengacu pada PMS (Planned Maintenance System) dan buku manual kapal, mengoperasikan sesuai dengan manual book, serta memperhatikan efek water hammering dan cavitation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemeliharaan, Katup, Seat ring, Water Hammering, Cavitation
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 May 2024 02:57
Last Modified: 06 May 2024 02:57
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5583

Actions (login required)

View Item View Item