SALSABIL, DZULFIKAR NURUL HUDA (2024) ANALISIS KERUSAKAN PIPA HIDROLIK PADA HATCH COVER (STUDI KASUS DALAM PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN KAPAL MV. HIJAU SEGAR). Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (551811226701T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
551811226701T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Huda, Salsabil Dzulfikar N. 2024. "Analisis Kerusakan Pipa Hidrolik pada Hatch Cover ( Studi Kasus dalam Perawatan dan Pemeliharaan Kapal MV. Hijau Segar )". Skripsi Progam Diploma IV, Progam Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Didik Dwi Suharso, S.SiT, M.Pd, Pembimbing II: Pritha Kurniasih, M.Sc. Saat MV. Hijau Segar sandar di Terminal Nilam Surabaya Jawa Timur, kegiatan bongkar muatan pada palka 1, 2, 4 berjalan lancar. Pada saat bongkar muatan palka nomor 3 tidak bisa dibuka sehingga kegiatan terganggu dan membutuhkan waktu perbaikan sehingga berdampak pada tertundanya waktu keberangkatan kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terganggunya operasional kapal yang dipengaruhi faktor lingkungan dan faktor perawatan. Dengan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif diperoleh data hasil dari observasi pipa hidrolik hatch cover, wawancara dengan engineer, manual book folding hatch cover MacGregor™, kejadian turunnya tekanan hidrolik, dampak tidak terbukanya hatch cover palka nomor 3, dan penanganan kebocoran pipa hidrolik. Data-data tersebut diolah dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kerusakan pipa hidrolik pada hatch cover dari faktor lingkungan adalah korosi oleh air laut, ketegangan mekanis, suhu dari cuaca yang ekstrem serta paparan sinar matahari langsung dan faktor perawatan adalah tidak menjaga sistem pendingin hidrolik temperatur mencapai 38oC, penggantian pipa dengan jenis material yang berbeda, kurangnya pelatihan dan pengetahuan crew dalam pengoperasian hidrolik hatch cover. Dampak kerusakan pipa hidrolik terhadap operasional kapal adalah tidak bisa dibukanya hatch cover palka nomor 3, keterlambatan jadwal kapal, penghentian operasional, meningkatkan biaya perbaikan, resiko kerusakan muatan, dan reputasi perusahaan. Saran dari peneliti yaitu melakukan perawatan rutin pada hidrolik hatch cover, pemantauan dan inspeksi sebelum dan sesudah pengoperasian hidrolik hatch cover, penggantian material pipa stanless steel dan melakukan pelatihan pengetahuan crew tentang perawatan hidrolik hatch cover.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perawatan, Pipa Hidrolik, Hatch Cover |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:01 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5572 |
Actions (login required)
View Item |