FAJAR, NUR ILLAHI (2024) ANALISIS PERFORMA TURBOCHARGER PADA MAIN ENGINE YANG MENURUN DI MT. GAS AMBALAT. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (561911237370T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237370T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911237370T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237370T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (561911237370T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237370T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (339kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nur Illahi, Fajar 561911237370 T, 2024, “Analisis Performa Turbocharger Pada Main Engine Yang Menurun di MT. Gas Ambalat”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dosen Pembimbing I : Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T, M.T Pembimbing II : Anicitus Agung Nugroho, S.SiT. M.Si. Turbocharger adalah pesawat induksi paksa yang digerakkan oleh turbin untuk meningkatkan efisiensi dan keluaran daya mesin pembakaran dalam dengan memaksa udara lebih ke dalam ruang bakar. Peningkatan atas keluaran daya mesin yang disedot secara alami ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kompresor dapat memaksa lebih banyak udara dan secara proporsional lebih banyak bahan bakar ke dalam ruang bakar daripada tekanan atmosfer saja. Penurunan kinerja turbocharger pada mesin diesel menyebabkan gangguan pada proses produksi uap di kapal. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, dampak yang ditimbulkan dari menurunnya performa turbocharger pada main engine dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine di MT. Gas Ambalat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine di MT. Gas Ambalat adalah, turbine blade yang sudah aus disebabkan jam kerja yang melebihi ketentuan dan tidak adanya perawatan pada komponen. Kotornya saringan udara turbocharger. Tingginya suhu udara disekitar turbocharger .Dampak yang ditimbulkan adalah, tidak maksimalnya putaran rpm turbocharger. Tekanan udara scavenging air trunk rendah. Proses pembakaran di silinder tidak sempurna. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab menurunnya performa turbocharger pada main engine, upaya yang harus dilakukan adalah dengan, menganti turbine blade dengan yang baru. Melakukan pembersihan filter udara secara berkala. Menganti mur dan baut pada penutup exhaust manifold yang menyebabkan bocornya gas buang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Turbocharger, turbine blade, scavenging air trunk, filter |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 04 May 2024 05:11 |
Last Modified: | 04 May 2024 05:11 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5560 |
Actions (login required)
View Item |