OPTIMALISASI FRESH WATER GENERATOR DI MV. PAN CLOVER : SEBUAH PENDEKATAN DENGAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF (MIX METHODS)

APRIAN, DWI CAHYA (2024) OPTIMALISASI FRESH WATER GENERATOR DI MV. PAN CLOVER : SEBUAH PENDEKATAN DENGAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF (MIX METHODS). Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (551811236949T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236949T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236949T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236949T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811236949T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236949T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (444kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Cahya, Aprian Dwi , 2024 ”Optimalisasi Fresh Water Generator di MV. Pan Clover : Sebuah Pendekatan dengan Motode Kualitatif dan Kuantitatif (Mix Methods)” Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi,Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. A Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, SS, M.Pd Kebutuhan akan air tawar sangatlah penting, terutama untuk ketersediaan air tawar di atas kapal. Produksi air tawar dengan pesawat bantu Fresh Water Generator (FWG) setiap 24 jam dapat menghasilkan 20 ton. Dikarenakan adanya permasalahan sehingga menyebabkan terjadinya penurunan produksi air tawar, oleh karena itu untuk mengoptimalkan kinerja FWG diperlukan serangkaian perumusan masalah sebagai landasan penelitian yaitu apakah penyebab penurunan produksi air tawar pada FWG, bagaimana upaya mengatasi penurunan produksi air tawar pada FWG, bagaimanakah strategi optimalisasi FWG dengan metode SWOT, serta seberapa besar pengaruh kondisi lingkungan perairan, perawatan dan suku cadang secara bersama-sama terhadap kerja FWG. Penelitian tentang optimalisasi FWG di kapal merupakan langkah penting untuk meningkatkan produksi air tawar. Memastikan ketersediaan air tawar yang memadai bagi awak kapal dan permesinan di tengah lautan. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods), menggabungkan metode kualitatif yaitu analisis SWOT dan metode kuantitatif yaitu olah data SPSS, dengan populasi terdiri dari 4 kelas Taruna prodi Teknika di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang semester VII. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi langsung saat praktek laut di atas kapal. Dari hasil penelitian, FWG di MV. Pan Clover mengalami penurunan kinerja karena kerak pada plat evaporator dan rusaknya plate gasket. Solusinya meliputi pembersihan, penggantian gasket, dan perawatan rutin sesuai manual. Strategi analisis SWOT melibatkan kerjasama tim mesin dan respons cepat. Olah data SPSS dari variabel kondisi lingkungan perairan, perawatan, dan suku cadang berpengaruh signifikan terhadap kinerja FWG dengan koefisien determinasi sebesar 77,7%. Melalui identifikasi faktor-faktor tersebut, rekomendasi pemeliharaan proaktif, kerjasama tim yang efisien, respon cepat dalam perbaikan, dan pemantauan kondisi lingkungan serta ketersediaan suku cadang diusulkan untuk mengoptimalkan kinerja FWG dan memastikan pasokan air tawar yang berkelanjutan di kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Optimization, FWG Performance, Mixed Methods, MV. Pan Clover
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 03 May 2024 04:05
Last Modified: 03 May 2024 04:05
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item