MUHAMMAD, FACHRIALSYAH PUTRA (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI BP BATAM SEAPORT INFORMATION MANAGEMENT SYSTEM PADA PELAYANAN JASA KEPELABUHANAN DI KOTA BATAM. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911317397K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911317397K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911317397K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911317397K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (4MB) |
|
Pdf (561911317397K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911317397K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (230kB) |
Abstract
ABSTRAK Putra, Muhammad Fachrialsyah, NIT. 561911317397 K, 2023, “Implementasi Aplikasi BP-Batam Seaport Information Management System Dalam Pelayanan Jasa Kepelabuhanan Di Kota Batam”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Awel Suryadi,S.ST.,M.Si., Pembimbing II: Ir.Fitri Kensiwi,M.Pd. B-sims (Bp-Batam seaport information management system) merupakan aplikasi yang diterapkan untuk portal pengeluaran serta pemasukan barang dari Pelabuhan ke Pelabuhan lainnya. Peneliti mengamati keadaan dimana belum maksimalnya kinerja aplikasi B-sims dalam jasa kepelabuhanan di kota Batam dan kendala human error yang mengakibatkan keterlambatan keberangkatan kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dan kendala - kendala apa saja yang terdapat pada aplikasi Bp-Batam seaport information management system dalam melaksanakan pelayanan jasa kepelabuhanan di kota Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk menemukan kebenaran informasi dalam sebuah penelitian Faktor dan kendala yang di hadapi Badan Pengusahaan Batam untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan di kota Batam yaitu, adanya human error dalam pengerjaan pengajuan permohonan, dan belum maksimalnya kinerja aplikasi B-sims dalam pelayan jasa kepelabuhanan. Maka aplikasi B-Sims ini memiliki peranan yang meningkatkan kinerja pelayanan pelabuhan Batam yang mempermudah para agen dalam mengerjakan permohonan pelayanan jasa tanpa tatap muka, dan mempermudah petugas Bp-Batam dalam melaksanakan tugas sehingga meningkatkan produktifitas pelayanan jasa kepelabuhanan di kota Batam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi, Pelayanan, Jasa Kepelabuhanan. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:46 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:46 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5320 |
Actions (login required)
View Item |