ANALISIS LARATNYA JANGKAR KAPAL MT. PIS PIONEER DI PERAIRAN SINGAPURA

RIZKY, FAUZYANSYAH HASTANTO (2023) ANALISIS LARATNYA JANGKAR KAPAL MT. PIS PIONEER DI PERAIRAN SINGAPURA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811126604N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126604N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811126604N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126604N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (551811126604N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126604N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Hastanto, Rizky Fauzyansyah, NIT. 551811126604 N, 2023, “Analisis laratnya jangkar MT. PIS PIONEER di Perairan Singapura”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Mustamin, M. Pd, M.Mar., Pembimbing II: Janny Andriani Djari, S.ST,M.M Berlabuh jangkar jangkar merupakan suatu kegiatan diatas kapal yang berguna untuk membatasi pergerakan kapal agar kapal tidak hanyut terbawa arus atau gelombang dan berada di posisi yang tetap. Disaat penulis melaksanakan praktek laut diatas kapal MT. PIS PIONEER, penulis menemukan kondisi kapal yang larat atau bisa disebut dragging anchor yang dikarenakan faktor internal dan eksternal serta faktor sumber daya manusia yang menjadi penyebab laratnya jangkar kapal MT. PIS PIONEER saat setelah berlabuh jangkar, Sehingga menyebabkan terganggunya lalu lintas masuk keluarnya kapal di VLCC anchorage 2, Singapura. Lalu, kapal MT. PIS PIONEER melakukan kontak fisik dengan cardinal buoy pelabuhan. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis melakukan Triangulasi data untuk menguji kebasahan data, sesuai dengan pengalaman penulis dan wawancara yang sudah dilakukan dengan narasumber diatas kapal MT. PIS PIONEER, penyebab terjadinya larat pada kapal MT. PIS PIONEER saat berlabuh yaitu kurangnya pemeliharaan alat untuk berlabuh jangkar, kurangnya kewaspadaan Mualim saat tugas berjaga, jenis dasar laut, dan pengaruh angin serta arus. Penanganan Nahkoda dan Mualim saat jangkar larat yang dilakukan yaitu menggunakan mesin kapal untuk tetap berada diposisi terakhir yang sudah ditetapkan, atau menambah rantai jangkar yang dikeluarkan. Maka dari itu, Peneliti meyimpulkan bahwa larat pada kapal MT. PIS PIONEER disebabkan kurangnya pemeliharaan pada peralatan berlabuh jangkar, pemilihan posisi kapal yang berpengaruh terhadap jenis dasar laut, pengaruh dari angin dan arus, draft kapal, serta sumber daya manusia yang kurang memadai. Dengan ini peneliti menyarankan untuk melakukan cek rutin peralatan yang akan digunakan sebelum berolah gerak, juga meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan safety round saat bertugas jaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Larat, Cardinal Buoy, Berlabuh jangkar.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:54
Last Modified: 12 Oct 2023 03:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5265

Actions (login required)

View Item View Item