IDENTIFIKASI PENYEBAB GANGGUAN PADA BOW THRUSTER SAAT MANOUVER DI KM. DOBONSOLO

YAYAN, AJI PRAKOSO (2023) IDENTIFIKASI PENYEBAB GANGGUAN PADA BOW THRUSTER SAAT MANOUVER DI KM. DOBONSOLO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217258T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217258T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217258T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217258T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911217258T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217258T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (128kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Prakoso, Yayan Aji, NIT. 561911217258 T, 2023, “Identifikasi penyebab gangguan pada bow thruster saat manouver di KM.Dobonsolo”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dosen Pembimbing (I): Dr. Andy Wahyu Hermanto, ST, MT., Pembimbing (II): Imam Safi’I,S.Si., M.si. Bow thruster adalah suatu alat pendorong yang dipasang pada kapalkapal tertentu untuk membantu manouvering kapal. Pada saat manouver dilakukan, posisi kapal amatlah sulit untuk melakukan olah gerak yang lingkaran putamya berdiameter kecil. Sehingga dibutuhkan alat pendorong ini agar menghasilkan olah gerak kapal yang efisien. Prinsip kerja bow thruster adalah menghisap air dari suatu sisi dan melemparkanya keluar sisi lain dari kapal, sehingga kapal bergerak dalam arah yang berlawanan. Hal ini dapat dioperasikan di kedua arah yaitu ke kanan dan ke kiri dalam keadaan ke pelabuhan. Bow thruster sendiri memiliki peranan yang sangat penting yaitu membantu kelancaran proses manouver kapal agar waktu lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab gangguan pada bow thruster pada saat manouver dan mengetahui dampak dari gangguan pada bow thruster pada saat manouver di KM. Dobonsolo. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan gabungan dari metode Fishbone dan metode SHEL (software, hardware, environment, liveware). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subyek yang berhubungan dengan faktor-faktor dan dampak mengenai penyebab gangguan pada bow thruster saat manouver di KM. Dobonsolo. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik analisis data gabungan Fishbone dan SHEL sehingga diperoleh faktor penyebab yaitu, Pelaksanaan jadwal maintenance yang tidak sesuai, kerusakan electro control panel box, oil filter kotor, terdapatnya gram (kotoran) sisa hasil pengelasan dijalur pipa, terjadinya korosi pada komponen bow thruster,turunnya tenaga bow thruster karena beban reefer yang terlalu besar kelalaian dan kurangnya suku cadang pada komponen bow thruster. Dampak yang ditimbulkan oleh faktor penyebab gangguan pada bow thruster saat manouver di KM. Dobonsolo yaitu rusakan electronic control panel box, kotornya filter, terdapatnya gram (kotoran) sisa hasil pengelasan dijalur pipa, terjadinya korosi pada komponen bow thruster, turunnya tenaga bow thruster karena beban reefer yang terlalu besar,tidak efekti dan efisiensi dalam penyelesaian suatu masalah dan timbulnya masalah baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bow Thruster, metode kualitatif,teknik analisa Fishbone dan SHEL
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:01
Last Modified: 05 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item