LUKMAN, SYAIFUL KHAQIM (2023) STUDI FAKTOR KENAIKAN TEMPERATUR CARGO TANK SAAT PROSES BONGKAR MUAT DI MT GAS EVA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911127099N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911127099N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911127099N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911127099N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911127099N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911127099N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (576kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Khaqim, Lukman Syaiful, NIT. 561911127099 N, 2023, “Studi Faktor Kenaikan Temperatur Cargo Tank Saat Proses Bongkar Muat di MT Gas EVA”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Antoni Arif Priadi M.Sc, M.M., Pembimbing II: Yustina Sapan, S.Si.T,M.M. Liquefied Petroleum Gas (LPG) merupakan jenis muatan berupa gas yang sudah dicairkan dan merupakan muatan yang harus dimuat secara khusus dalam cargo tank kapal dengan penangan muatannya yang harus selalu diperhatikan, hal ini dikarenakan muatan LPG sangat mudah terpengaruh oleh perubahan suhu dari luar kapal sehingga diperlukan pengangkutan muatan dengan menggunakan kapal gas tanker yang konstruksi dari cargo tank pada kapal gas tersebut sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu untuk mengangkut muatan secara aman dari pelabuhan satu kepelabuhan yang lain maupun saat proses kegiatan bongkar muat. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini ialah kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data didapat dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga didapatkan teknik keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi data yang didukung dengan metode triangulasi sebagai pengujian atas validitas dan keabsahan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kenaikan temperatur pada cargo tank dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kenaikan temperatur ini dapat dihindari dengan melakukan persiapan sebelum kegiatan bongkar muat dengan mencari informasi berita cuaca untuk dapat mengantisipasi sejak awal sebelum kegiatan bongkar muat dan menjalankan kompressor dengan reliquefaction sistem untuk mengubah vapour menjadi kondensat, mengurangi loading rate / laju muatan serta membuka cooling water spray untuk menurunkan permukaan temperatur cargo tank.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci:. Liquefied Petroleum Gas (LPG), cargo tank, temperatur |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5164 |
Actions (login required)
View Item |