YANUAR, RAMADHAN BUDIMULYA (2023) ANALISIS FAKTOREKSTERNAL DAN INTERNAL TERJADINYA LARAT KETIKA KAPAL BERLABUH JANGKAR DI SUNGAI BARITO PADA MT. ANGGRAINI EXCELLENT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911117060N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117060N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911117060N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117060N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (561911117060N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117060N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (157kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Budimulya, Yanuar Ramadhan. 2023, NIT: 561911117060.N “Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Terjadinya Larat Ketika Kapal Berlabuh Jangkar Di Sungai Barito Pada MT. Anggraini Excellent”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si T.,M.,M.Mar., Pembimbing II: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. MT. Anggraini Excellent merupakan tipe kapal tanker yang beroperasi di Sungai Barito. Pada tanggal 1 Juni 2022 terjadi permasalahan larat jangkar yang dialami MT. Anggraini Excellent. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menyusun rumusan masalah sebagai berikut : Apa saja faktor eksternal dan internal yang menyebabkan terjadinya larat saat kapal MT. Anggraini Excellent berlabuh jangkar di Sungai Barito?, apa dampak yang terjadi dari larat saat kapal MT. Anggraini Excellent labuh jangkar di Sungai Barito?, bagaimana cara mengatasi larat saat kapal MT. Anggraini Excellent berlabuh jangkar di Sungai Barito?. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis melaksanakan penelitian pada tanggal 20 Agustus 2021 sampai 23 Agustus 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah triangulasi meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melaksanakan penelititian, informan yang dlibatkan adalah Nakhoda, Mualim I dan Mualim II kapal MT. Anggraini Excellent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya larat saat kapal MT. Anggraini Excellent berlabuh jangkar di Sungai Barito diantaranya adalah faktor internal yang terdiri dari jangkar, rantai jangkar, windlass, draft, holding power dan sumber daya manusia. Sedangkan faktor eksternal yaitu arus, pasang surut, dan jenis dasar laut. Dampak yang terjadi akibat kapal MT. Anggraini Excellent larat di Sungai Barito yaitu kandas dan kerugian bagi perusahaan. Cara mengatasi larat saat kapal MT. Anggraini Excellent berlabuh jangkar di Sungai Barito yaitu mengubah trim by head, menambah panjang rantai jangkar/segel yang diturunkan ke dasar sungai, turunkan jangkar satunya, gunakan mesin utama dengan mengkombinasikan dengan kemudi kapal dan mengadakan safety meeting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : faktor eksternal, faktor internal, jangkar larat, motor tanker, sungai barito. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5160 |
Actions (login required)
View Item |