NOVA, KURNIAWAN (2023) OPTIMALISASI PELAYANAN JASA BONGKAR MUAT PETIKEMAS DI PT. MASAJI TATANAN KONTAINER INDONESIA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911337445K_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911337445K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911337445K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911337445K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (561911337445K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911337445K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (64kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Kurniawan, Nova. 2023. 561911337445 K “Optimalisasi pelayanan jasa bongkar muat petikemas di PT. Masaji Tatanan Kontainer Indonesia”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I Retno Hariyanti, S.pd, M.M.Pembimbing II: Dr. Iskandar, SH, MT Aktifitas bongkar muat yang ada dalam depo container PT. Masaji Tatanan Indonesia cabang Jambi tidak seutuhnya berjalan lancar dengan apa yang di harapkan. Maka penulis melakukan penelitian lebih dalam dilaksanakan pada tanggal 01 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 30 Juni 2022 yang berlokasi di daerah Talang Duku Kota Jambi. Keterlambatan dalam aktifitas sering terjadi di karenakan beberapa faktor yang menghambat jalanya stuffing dan stripping. antara lain faktor manusia, tempat / lahan, cuaca, dan fasilitas alat untuk pengoprasionalan bongkar muat. Masalah yang sering terjadi dalam bongkar muat di depo adalah karena keterlambatan pengiriman / pembuatan dokumen, tidak tersedianya alat bongkar muat forklift dengan permintaan barang yang banyak, serta kondisi lahan depo yang kurang layak jika cuaca dengan curah hujan tinggi menjadikan proses muat menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan dan meminimalisir hambatan bongkar muat di depo untuk kedepanya dan lebih memperhatikan perawatan dan perbaikan secara berkala. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Terarah kepada informan karyawan yang terlibat langsung di bidang pekerjaannya. Penulis mengunakan teknik analisis fishbone analysis untuk mencari faktor analisis yang di amati oleh penulis agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di PT. Masaji Tatanan Kontainer Indonesia dengan lampiran data yang falid untuk mengidentifikasi hasil dari data penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kendala pelayanan jasa bongkar muat petikemas di PT. Masaji Tatanan Kontainer Indonesia cabang Jambi adalah terjadinya keterlambatan di sebabkan oleh faktor manusia, tempat / lahan, cuaca, dan fasilitas alat untuk pengoprasionalan bongkar muat yang belum maksimal. Kurangnya perhatian dari kantor pusat untuk melakukan perawatan alat operasional dan memberi pengarahan kerja secara profesional di pekerjaan upaya yang harus di lakukan adalah menambah alat bongkar muat forklift untuk penyeimbangan aktifitas dengan permintaan barang yang banyak, memperbaiki lahan supaya tidak terjadi kecelakaan kerja yang tidak di inginkan, menambah wawasan kerja untuk seluruh karyawan agar perhatian untuk menggunakan safety equipment standar perusahaan serta meningkatkan perawatan menjaga aset milik perusahaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, Keterlambatan Bongkar Muat, Perbaikan Petikemas, Perawatan Lahan, Kecelakaan Kerja, bongkar muat petikemas, Sumber Daya Manusia, Terhambat Operasional, Depo Petikemas |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:39 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5115 |
Actions (login required)
View Item |