IDENTIFIKASI PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN CYLINDER HEAD DI KAPAL LPG/C GAS AMBALAT

KHAKIM, M.LUTFI (2023) IDENTIFIKASI PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN CYLINDER HEAD DI KAPAL LPG/C GAS AMBALAT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236959T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236959T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236959T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236959T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811236959T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236959T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Khakim, M, Lutfi, 2023, 551811236959 T,“Identifikasi Terjadinya Kebocoran Cylinder Head Di Kapal LPG/C Gas Ambalat”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Tony Santiko, S.ST.,MSi,M,Mar.E. Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T. Cylinder head main engine merupakan bagian mesin yang sangat penting dalam menunjang pengoperasian main engine. Cylinder head berfungsi sebagai penutup Cylinder dan sebagai tempat injector untuk untuk mengabutkan bahan bakar. Cylinder head terdiri dari injector, exhaust valve, starting valve, intake valve, pendingin . Cylinder head harus dibantu dengan proses pendinginan yang baik untuk menghindari kerusakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode SHEL yaitu Software, Hardware, Environment, Liveware. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan studi Pustaka secara langsung terhadap subjek yang berhubungan dengan faktor-faktor, dampak, dan upaya mengenai turunnya performa mesin induk. Peneliti dapat memberi kesimpulan yang pertama, pemasangan gasket yang keluar dapat menimbulkan kebocoran melalui celah pada pipa penghubung jacket cooling dan upaya yang dilakukan harus melakukan pemasangan ulang sesuai dengan manual book, yang kedua pemasangan seating valve yang miring dapat menyebabkan o-ring rusak dan upaya yang dilakukan dengan mengganti seating valve dengan yang baru, dan yang ketiga perawatan yang melewati batas akan membuat material rusak dan upaya yang harus dilakukan yaitu perawatan tepat waktu. Untuk itu saran yang dapat dilakukan yaitu melakukan perawatan dan perbaikan sesuai dengan manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kebocoran, Mesin induk, perawatan.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:31
Last Modified: 13 Apr 2023 07:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item