ZIDNI, ACHMAD ILMAN (2023) PENGARUH TERCAMPURNYA AIR PADA TANGKI LO CPP MENYEBABKAN TERGANGGUNYA KERJA CPP DI MV. ARMADA SEGARA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811226659T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226659T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811226659T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226659T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811226659T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226659T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Zidni, Achmad Ilman, 2023, NIT: 551811226659 T, “Pengaruh tercampurnya air pada tangki LO CPP Terhadap Kerja CPP di MV. Armada Segara”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Rahyono SP.1,MM,M.Mar.E Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST, M.M. Tercampurnya air pada tangki LO CPP merupakan suatu kontaminasi yang diakibatkan oleh masuknya air laut pada aliran oli hidrolik karena kebocoran pada oil cooler. Tercampurnya air pada tangki LO CPP dapat mengganggu proses sistem hidrolik pada kerja controllable pitch propeller yang akan berakibat pada keausan komponen karena penurunan kualitas dari oli hidrolik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode SHEL yaitu Software, Hardware, Environment, Liveware. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subyek yang berhubungan dengan faktor-faktor, dampak, dan upaya pencegahan mengenai mengenai tercampurnya air pada tangki LO CPP terhadap sistem hidrolik pada CPP. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis pada tanggal 27 April 2021 menyimpulkan bahwa faktor penyebab tercampurnya air pada tangki LO CPP yaitu rusaknya plat oil cooler karena adanya kotoran yang menimbulkan korosi dan lubang, rusaknya rubber seal pada oil cooler karena penggunaan yang melebihi usia pemakaian membuat rubber seal mengeras dan timbul keretakan, serta perawatan yang tidak dilakukan sesuai dengan manual book karena kurangnya kesadaran para crew terhadap pengecekan dan perawatan membuat kondisi komponen controllable pitch propeller mudah mengalami kerusakan. Adapun upaya untuk mengatasi tercampurnya air pada tangki LO CPP adalah dengan melakukan perawatan, perbaikan, pembersihan dan penggantian suku cadang (spare part) pada bagian yang mengalami masalah sesuai dengan Plan Maintenance System.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Oli Hidrolik, Pendingin Oli, SHEL, Controllabele Pitch Propeller |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 06:22 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 06:22 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4792 |
Actions (login required)
View Item |