PENGARUH KECEPATAN ANGIN, ARUS, DAN CUACA TERHADAP LARATNYA JANGKAR KAPAL SAAT BERLABUH

MAULANA, RIAN SUKMA (2023) PENGARUH KECEPATAN ANGIN, ARUS, DAN CUACA TERHADAP LARATNYA JANGKAR KAPAL SAAT BERLABUH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136841N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136841N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136841N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136841N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811136841N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136841N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (652kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rian Sukma Maulana, 2023, NIT: 551811136841.N“Pengaruh Kecepatan Angin, Arus, dan Cuaca Terhadap Laratnya Jangkar Kapal Saat Berlabuh”, Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yustina Sapan, S.Si., M.M. Pembimbing II: Romanda Annas Amrullah, S.ST., M.M. Larat jangkar adalah sebuah keadaan dimana ketika kapal sedang berlabuh jangkar dan jangkar kapal tidak menancap kuat pada dasar laut dan kapal mengalami pergeseran dari posisi berlabuh jangkar yang seharusnya. Untuk para perwira nautika di atas kapal agar lebih dapat diperhatikan ketika terjadi cuaca buruk yang dapat berpotensi menyebabkan laratnya jangkar pada saat kapal berlabuh setiap kapal yang berlabuh jangkar memiliki batasan terluar untuk memantau pergerakan kapal apakah kapal mengalami larat atau tetap berada pada posisinya. Dalam penelitian ini memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kecepatan angin, arus, dan cuaca terhadap laratnya jangkar kapal pada saat berlabuh, dan untuk mengetahui bagaimana cara menangani laratnya jangkar kapal saat berlabuh. Pada penyusunan penelitian ini penulis menggunakan proses penelitian berpendekatan kuantitatif, dan berjenis asosiatif. Dikatakan pendekatan kuantitatif sebab pendekatan yang digunakan di dalam usulan penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisa data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya menggunakan aspek pengukuran, perhitungan, rumus dan kepastian data numerik. Sedangkan dikatakan sebagai penelitian asosiatif karena penelitian ini menghubungkan dua variable atau lebih. Berdasarkan pada analisa data menunjukkan bahwa Kecepatan Angin berpengaruh positif signifikan terhadap Laratnya Jangkar Kapal, menunjukkan bahwa Cuaca berpengaruh positif signifikan terhadap Laratnya Jangkar, dan menunjukkan bahwa Kecepatan Angin, Arus, dan Cuaca berpengaruh positif signifikan terhadap Laratnya Jangkar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: larat jangkar, Kecepatan Angin, Kecepatan Arus, Cuaca, Berlabuh
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:40
Last Modified: 13 Apr 2023 04:40
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item