PRASETYO, MUHAMMAD ADITYA (2023) ANALISA TERJADINYA CARGO BACK PRESSURE PADA SAAT PEMBONGKARAN MUATAN FATTY ACID METHYL ESTER (FAME) DI KAPAL MT.FERY XII. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136813N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136813N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136813N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136813N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811136813N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136813N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Prasetyo, Muhammad Aditya, NIT. 551811136813 N, 2022, “Analisa terjadinya cargo back pressure pada saat melakukan pembongkaran muatan fatty acid methyl ester (FAME) di kapal MT. FERY XII”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Karolus G. Sengadji, M.M.,M.H. Pembimbing II: Janny Adriani Djari S.ST,. M.M. Cargo back pressure adalah suatu kejadian dimana muatan cair yang sedang dibongkar dengan pompa muatan Kembali ke tanki semula atau terhambat karena tidak adanya jalur untuk keluar. Cargo back pressure pernah terjadi di kapal MT. FERY XII ketika melakukan pembongkaran muatan Fatty acid methyl ester. Penggunaan marine cargo hose yang disediakan oleh pihak jetty yaitu hanya berukuran 4 inch menyebabkan cargo back pressure. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya cargo back pressure saat melakukan pembongkaran muatan, serta untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam menanggulangi terjadinya cargo back pressure. Cargo back pressure disebabkan oleh mengecilnya saluran yang dilalui oleh aliran muatan dan tingginya tekanan pada aliran muatan yang menyebabkan rembesan pada beberapa valve di pump room dan getaran yang cukup kuat pada pila line up kapal. Penggunaan marine cargo hose yang tidak sebanding dengan manifold yang terpasang yaitu berukuran 4 inch ke 6 inch di kapal menyebabkan terjadinya cargo back pressure. Upaya untuk menanggulangi terjadinya cargo back pressure yaitu melakukan pengurangan tekanan pada aliran muatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Cargo back pressure, muatan, marine cargo hose |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 04:30 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 04:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4786 |
Actions (login required)
View Item |