AGUNG, SETIAWAN (2023) TURUNNYA RPM TURBOCHARGER BERPENGARUH TERHADAP PENGOPERASIAN MESIN INDUK DI MV. TELUK BERAU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811226663T_PROSIDING_FULLTEXT)
551811226663T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak-Turunnya RPM turbocharger dapat mengganggu proses pembakaran pada ruang bakar yang akan menyebabkan tidak maksimalnya daya yang dikeluarkan oleh mesin induk sehingga dapat menyebabkan terhambatnya operasional kapal karena mesin induk tidak bekerja dengan maksimal. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode SHEL yaitu Software, Hardware, Environment, Liveware. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subjek yang berhubungan dengan faktor-faktor, dampak, dan upaya mengenai turunnya RPM turbocharger mesin induk. Penyebab turunnya RPM turbocharger pada mesin induk di MV. Teluk Berau yaitu rusaknya ball bearing pada turbocharger, pembakaran yang tidak sempurna, dan perawatan yang tidak sesuai dengan manual book. Dampak yang terjadi jika RPM turbocharger mengalami penurunan adalah turbocharger akan mengalami surging karena kompresor tidak mampu mendorong udara bertekanan sehingga memungkinkan udara di scaving air membalik arah melawan sudu-sudu blower dan daya yang dikeluarkan mesin induk tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: turbocharger, SHEL, mesin induk |
Subjects: | Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:46 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:46 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4748 |
Actions (login required)
View Item |